Aug 20, 2018
347 Views
7 0

Cangar, Pemandian Air Panas yang Alami dan Menyejukkan

Written by

Cangar merupakan salah satu nama Dusun di Kelurahan Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji Kota Wisata Batu. Dusun ini menjadi lebih terkenal dengan sebutan Pemandian Air Panas Cangar. Dari pusat kota Batu jaraknya sekitar 20 km. Bisa ditempuh dalam waktu 1 jam perjalanan dari kota Batu. Kawasan pemandian air panas ini masih satu lokasi dengan wilayah Taman Hutan Rakyat Raden Suryo yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Mojokerto.

Selama perjalanan menuju ke pemandian air panas, kamu bisa melihat sawah penduduk seperti di desa-desa yang masih asri dan alami. banyak hamparan bunga, ada juga pohon apel juga beragam tanaman sayuran yang hampir ada di sepanjang perjalanan dengan udara yang sangat sejuk. Tapi hati-hati karena jalan menuju ke objek wisata ini, meskipun semua jalannya sudah beraspal, banyak yang menanjak dan berkelok-kelok, menikung tajam dan dibalik jalan tersebut, terselip kisah mistis, angker dan horor terutama kendaraan yang tidak kuat nanjak. disekitar jalan menuju kesana sudah ada kok papan peringatan mengenai hal itu. Jadi sebaiknya siapkan kendaraanmu sebelum ke cangar.

Batu, Kota wisata batu, cangar, pemandian air panas, pemandian air hangat, gunung welirang, wisata keluarga, wisata air panas, wisata cangar

sawah penduduk yang menyejukkan mata. (src:instagram.com)

Cangar yang terkenal akan Pemandian air panasnya banyak dikunjungi para wisatawan yang ingin menikmati hangatnya sumber alami air panasnya. Selain itu, di sekitar pemandian air panas terdapat beberapa goa buatan yang merupakan peninggalan di masa kedudukan Jepang, pada tahun 1942-1945. Di tambah lagi, akan banyak dijumpai satwa liar seperti burung yang hinggap sampai monyet melompat dan berlarian kesana kemari tanpa akan mengganggu kenyamanan kamu, karena memang kawasan ini adalah kawasan hutan dan banyak satwa liar yang dilindungi.

Batu, Kota wisata batu, cangar, pemandian air panas, pemandian air hangat, gunung welirang, wisata keluarga, wisata air panas, wisata cangar

hamparan ilalang di sepanjang jalur yang instagrammable (src: instagram.com)

Di Pemandian air panas Cangar kamu dapat menikmati kolam berendam yang panas ada juga kolam renang yang hangat, pastinya kamu dapat berendam dengan seluruh anggota keluarga kamu, bahkan air toilet juga dengan air hangat, sehingga kamu pasti tidak akan kedinginan jika telah selesai berendam. disini juga ada kolam khusus wanita, kolam yang tertutup, Ada kolam yang didesain seperti tempat saunan di jepang. Jadi satu kamar mandi hanya digunakan untuk satu orang saja. Jadi privat banget deh. jika ingin berenang, ada juga kolam untuk berenang dan juga kolam khusus anak tentunya dengan air hangat yang alami. Di sekitar sumber mata air dikelilingi oleh pepohonan yang hijau.

Batu, Kota wisata batu, cangar, pemandian air panas, pemandian air hangat, gunung welirang, wisata keluarga, wisata air panas, wisata cangar

jalur yang curam, horor tapi bagus untuk foto-foto. (src: instagram.com)

Walaupun belum dikelola dengan baik, pemandian air panas cangar ini sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Jadi disini kamu tidak hanya bisa berendam di air panas saja. Ada taman bermain mini yang bisa digunakan untuk bermain anak-anak kamu. Selain itu ada tempat bersantai untuk sekedar duduk-duduk. Jika kamu ingin menginap disini ada camping ground dan villa. Kamu bisa mendirikan tenda di camping ground yang sudah disediakan. Kamu harus minta ijin ke kantor perhutani terlebih dahulu jika ingin mendirikan tenda.

Batu, Kota wisata batu, cangar, pemandian air panas, pemandian air hangat, gunung welirang, wisata keluarga, wisata air panas, wisata cangar

Salah satu jembatan legendaris yang memilik banyak cerita mistis. (src: instagram.com)

Jika ingin menginap, Di Pemandian ini ada vila yang bisa disewa. Ada dua vila, harganya mulai dari Rp 500.000/malam. Di samping vila ada aula yang bisa digunakan untuk gedung pertemuan. Ada kamar mandi yang bersih, WC dan mushola. Jika Kamu lapar, Disini kamu bisa mencicipi beragam olahan makanan khas dari Batu, salah satunya adalah tape beras ketan hitam yang di campur dengan ketan putih halus, rasanya yang hangat akan membuat kamu semakin hangat.

Wisata yang asri dan masih hijau ini cocok untuk dikunjungi dengan keluarga dan orang tercinta. Pemandian air panas yang terletak di lereng gunung welirang ini adalah wahana pemandian alami dengan kandungan belerang yang cukup tinggi, sehingga sangat tepat untuk dijadikan sebagai wahana berendam yang sangat enak dan akan membuat kamu dan kulit kamu kembali segar. Selain itu, Mandi disini di percaya bisa menghilangkan segala macam penyakit kulit dan membuat kulit lebih halus.

Batu, Kota wisata batu, cangar, pemandian air panas, pemandian air hangat, gunung welirang, wisata keluarga, wisata air panas, wisata cangar

ada juga rumah tua di tengah sawah. (src: instagram.com)

Tempat ini bisa menjadi tempat alternatif liburan kamu, Karena Tempat wisata ini tiket masuknya sangat murah, apalagi suasananya yang alami dan hanya dikelola oleh masyarakat sekitar. Tiket masuk ke pemandian air panas cangar ini sangat terjangkau. Harga tiket untuk wisatawan lokal Rp10.500/orang. untuk wisatawan manca, harga tiketnya Rp25.500/orang. Parkir sepeda motor Rp3.000/motor dan untuk parkir mobil Rp5.000/mobil. Harga ini bisa berubah kapan saja. Pada saat hari libur nasional, biasanya ada sedikit kenaikan. Dengan biaya masuk yang sangat terjangkau, kamu bisa berendam di air panas sepuasnya dan melihat pemandangan gunung yang alami dan asri ini. Jika ingin lebih nyaman, kamu sebaiknya datang pada weekdays karena pada saat liburan dan weekend tempat ini sangat ramai.

Article Categories:
Alam Terbuka
http://pesonajatim.com

Website yang berisi info seputar pariwisata yang populer dan lagi hits di jawa timur

Tinggalkan Komentar

Loading Disqus Comments ...
Loading Facebook Comments ...