Apr 27, 2017
375 Views
18 0

Indahnya Pesona Alam dan Keheningan Danau Ranu Agung Probolinggo

Written by

Pesonajatim.com – Danau Ranu Agung atau yang bisa disebut Ranu Agung, adalah danau vulkanik yang terbentuk dari gunung berapi Lamongan yang sampai sekarang masih aktif. Ranu (baca:danau) yang berjarak 40 Km dari Kota Probolinggo dan mempunyai ketinggian 525 mdpl berubah menjadi ranu yang indah nan eksotis setelah tidak aktif lagi. Dinding batuan yang membentang disepanjang ranu menyerupai daun waru (cinta) jika dilihat dari puncak menambah keindahannya.

Danau Probolinggo, Ranu Probolinggo, Danau Ranu Agung, Ranu Agung. Wisata Probolinggo, wisata Jawa timur, wisata danau, wisata alam

Batuan yang mengelilingi Ranu Agung, Tiris, Probolinggo

Suasana di Ranu Agung ini masih alami, udara di sekitar ranu sangat sejuk, air di ranu juga sangat jernih, pepohonan hijau yang menenangkan ditambah tebing tebing tinggi yang terletak di sisi ranu, membuat ranu ini terlihat sangat indah seperti lukisan, yang pasti pengunjungnya masih sepi. hal inilah yang menjadi Keistimewaan Ranu Agung ini dari ranu-ranu lainnya. Dari sini kamu juga bisa melihat Gunung Lamongan yang berdiri menjulang dengan sangat dekat.

Danau Probolinggo, Ranu Probolinggo, Danau Ranu Agung, Ranu Agung. Wisata Probolinggo

papan yang menunjukkan Ranu Agung terletak 525 mdpl

Dengan tiket masuk Ranu yang hanya Rp.5000/orang, kamu bisa ber-selfie-ria dengan teman-temanmu, mengabadikan keindahan Ranu ini dengan background batuan kapur Dinding Ranu. Karena airnya yang jernih, membuat kamu bisa melihat dasar ranunya yang dalam. Selain digunakan warga untuk memancing, Ranu ini sering juga digunakan pasangan yang berbahagia untuk mengabadikan momen prewedding ataupun pascawedding mereka.

Danau Probolinggo, Ranu Probolinggo, Danau Ranu Agung, Ranu Agung. Wisata Probolinggo

Perahu Getek yang dibuat warga untuk kamu yang ingin berkeliling Ranu

Disini kamu bisa berkeliling Ranu dengan menggunakan perahu Getek yang disediakan warga setempat dengan harga Rp.10.000/orang untuk sekali putaran. Getek merupakan rakit kecil yang terbuat dari bambu yang diikat dengan seutas tali sehingga membentuk sebuah papan yang bisa memuat 4-6 orang. Karena beberapa bulan yang lalu ada yang meninggal akibat tenggelam di ranu ini, maka sekarang dilarang untuk mandi di ranu, mengingat ranunya cukup dalam di bagian tengah.

Danau Probolinggo, Ranu Probolinggo, Danau Ranu Agung, Ranu Agung. Wisata Probolinggo, wisata Jawa timur, wisata danau, wisata alam

Di tengah ranu agung

Sayangnya, di Ranu ini fasilitas pendukungnya masih kurang, yang ada hanya toilet umum yang di bangun warga. Disini tidak ramai penjual makanan ataupun minuman, Terkadang hanya ada tukang bakso keliling yang lewat. Oleh karena itu, kamu harus membawa bekal sendiri dari rumah jika tidak ingin kelaparan disana. di sekitar ranu pun tidak ada bangunan, semuanya masih asri dan alami. Ranu ini benar-benar direkomendasikan bagi kamu yang menyukai panorama alam dengan medan yang menantang.

Article Categories:
Alam Terbuka
http://pesonajatim.com

Website yang berisi info seputar pariwisata yang populer dan lagi hits di jawa timur

Tinggalkan Komentar

Loading Disqus Comments ...
Loading Facebook Comments ...