Sep 11, 2017
3343 Views
11 1

Masjid Turen, Masjid Megah Yang Mempesona yang Konon Dibangun Hanya Satu Malam

Written by

Pesonajatim.com – Di Kabupaten Malang, ada masjid unik dan menarik yang harus kamu kunjungi kalau ke malang. Masjid megah ini terletak di Desa Sanan Rejo, Kecamatan Turen. Masjid ini Disebut ‘Masjid Tiban’ karena konon katanya masjid ini dibangun hanya dalam waktu semalam oleh Pasukan jin. Tapi yang sebenarnya terjadi adalah masjid ini dibuat oleh para santri. Karena cerita itulah maka tak sedikit wisatawan yang penasaran dan akhirnya datang sendiri ke masjid tersebut.
Bahkan, di depan meja resepsionis ada tulisan besar “Apabila ada orang yang mengatakan bahwa ini adalah pondok tiban (pondok muncul dengan sendirinya), dibangun oleh Jin dsb, itu tidak benar. Karena bangunan ini adalah Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah yang murni dibangun oleh para santri dan jamaah.”

Masjid yang sebenarnya Pondok Pesantren tersebut sebenarnya sudah dibangun sejak tahun 1978 oleh santri dan jamaahnya. Pilar pilar beton kokoh yang terbuat dari batu keramik dan marmer terbaik yang didatangkan dari daerah Tulungagung. Semua rincian, ukiran, dan kaligrafi di dinding bangunan, dikerjakan langsung oleh semua santri dan jamaah pondok pesantren secara bergantian.
Nama Pondok Pesantren (ponpes) Salafiyah ini adalah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah). Nama itu mengandung makna lautannya lautan yang berasa madu dan memiliki keutamaan kasih sayang. ponpes ini sendiri berdiri sejak tahun sejak 1963.

masjid, masjid malang, malang, wisata masjid tiban malang, masjid sanan turen, foto masjid malang, pintu masuk masjid tiban malang, masjid tiban malang, wisata keluarga,wisata religi, religius, featured

salah satu atap masjid yang terbuat dari stalagmit dan stalagtit yang indah

Masjid yang memiliki 10 lantai ini diprakarsai sendiri oleh KH Ahmad Bahru Mafdlaudin Saleh Al Mahbub atau yang akrab disapa Romo Kiai Ahmad berasal dari Istikharahnya. Tidak ada perencanaan dalam pembangunan masjid ini. Tidak ada arsitek maupun alat berat selama pembangunan masjid. Seluruh proses pembangunan mulai memproduksi batu bata, membuat ornamen masjid, hingga pengadukan semen dilakukan secara manual oleh para santri. Jadi saat menginjakkan kaki ke area kompleks seluas 6,5 hektare, kamu bakal disuguhi arsitektur bangunan yang tidak biasa. semacam campuran arsitektur Timur Tengah, Thailand dan Jawa. Hampir di setiap dinding ada ukiran dan kaligrafi Arab. Di sekitar ponpes juga terdapat berbagai bangunan kecil seperti menara di setiap masjid.

Di Lantai 1 ada kolam renang, dilengkapi dengan perahu khusus anak-anak. Di dalam kompleks ponpes ada juga berbagai jenis hewan seperti rusa, monyet, kelinci, berbagai jenis ayam dan burung. di lantai 2 terdapat deretan akuarium dengan berbagai jenis ikan air asin yang beragam sampai air tawar. Ditambah ornamen kaligrafi berdinding emas dan lampu berwarna yang menakjubkan, membuat suasana di lantai dua terlihat indah. Karena tempatnya suci dan digunakan untuk beribadah juga, kamu diharuskan melepas alas kaki untuk menjajaki sudut ruangan di seluruh lantai bangunan.

Di lantai 3 sampai 5 kamu bakal di suguhkan dengan kaligrafi yang terpahat dengan indah. Dilantai 6 seperti ruang keluarga, sedangkan lantai 7 dan 8 digunakan sebagai pusat perbelanjaan yang dikelola oleh santriwati, yang menjual aneka makanan ringan dan camilan, suasanya mirip kafe-kafe dikota tapi dengan pemandangan masjid yang indah. selain itu ada juga barang-barang yang dijual sebagai souvenir, studio foto, pakaian, Sarung, Sajadah, Jilbab, Tasbih dan sebagainya.
Dari Lantai 9 & 10 kamu bisa melihat pemandangan di sekitar Kabupaten Malang dengan sajian sawah yang hijau serta menara-menara kecil yang merupakan bagian dari masjid.

Bagi kamu yang hobi selfie, masjid ini instagrammable pokoknya dan yang penting kamu dilarang berpacaran atau hanya sekedar bergandengan tangan di tempat ini, karena selain bukan muhrim, tempat ini bukan tempat wisata umum melainkan sebuah pondok pesantren. Dipintu keluar masjid juga banyak terdapat kata-kata mutiara yang mengingatkan arti hidup didunia.

masjid, masjid malang, malang, wisata masjid tiban malang, masjid sanan turen, foto masjid malang, pintu masuk masjid tiban malang, masjid tiban malang, wisata keluarga,wisata religi, religius, featured

salah satu kata mutiara yang terdapat di pintu keluar masjid

Tiket masuk masjid masih gratis, cukup sebutkan nama, tujuan dan asal kamu. Nantinya kamu akan diberi selembar kertas sebagai tanda izin masuk. Kertas ini nantinya akan diberikan kembali kepada petugas saat kamu meninggalkan masjid. Seperti adab saat bertamu, selama kunjungan ijin terlebih dahulu dan saat pergi berpamitan pada tuan rumah.

Rute ke masjid tiban dari Stasiun Malang bisa ditempuh dengan naik angkutan umum AG (Arjosari-Gadang), turun di terminal Gadang. Kemudian dilanjutkan dengan menaiki COLT L300 atau minibus jurusan Dampit, turun dipangkalan ojek Kedok (beritahu kondekturnya kalau mau ke tiban masjid). Kemudian naik ojek ke Masjid Tiban dengan tarif sekitar Rp.10.000,- Akan tetapi lebih baik kalau membawa kendaraan sendiri, baik itu motor ataupun mobil, mengingat jarak tempuh yang lumayan jauh dari kota Malang.

Article Categories:
Religi
http://pesonajatim.com

Website yang berisi info seputar pariwisata yang populer dan lagi hits di jawa timur

Tinggalkan Komentar

Loading Disqus Comments ...
Loading Facebook Comments ...