Feb 8, 2016
1471 Views
16 1

Museum Trowulan, Museum Sejarah dan Situs Kerajaan Majapahit Terlengkap

Written by

Pesonajatim.com – Museum Trowulan atau museum Majapahit merupakan museum arkeologi yang terletak di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Bisa dibilang museum ini merupakan wisata sejarah kerajaan Majapahit terlengkap. Museum ini dibangun untuk mengabadikan berbagai artefak dan temuan arkeologi yang ditemukan di sekitar Trowulan. Museum Trowulan merupakan salah satu lokasi sejarah yang paling penting di Indonesia yang berhubungan erat dengan sejarah kerajaan Majapahit.

Sebagian besar koleksi dari wisata sejarah Museum Majapahit ini tidak hanya berasal dari kerajaan Majapahit, tapi koleksi di museum ini juga mencakup berbagai era sejarah di Jawa Timur, seperti kerajaan Kahuripan, Kediri, dan Singhasari. Museum ini terletak di tepi barat kolam Segaran. Wisata Sejarah Museum Trowulan merupakan museum yang memiliki koleksi peninggalan yang berasal dari Majapahit yang komprehensif di Indonesia.

Koleksi lain yang ada di Museum Trowulan, ada miniatur candi, koleksi patung arca, mata uang kuno, guci tanah liat, koleksi keramik, alat, rumah tangga, beberapa Patung Hariti juga ada di Museum Trowulan, tanpa kepala, dan kepala terpisah, yang biasanya digambarkan dengan payudara besar dan dikelilingi oleh anak-anak. Ada juga Hindu Pantheon, dengan penempatan Lingga Yoni di tengah, Shiva di Selatan, di Durga Utara, Ganesha di Barat, Mahakala di sebelah kiri pintu masuk, dan Nandiswara di sebelah kanan pintu masuk.

wisata jawa timur, trowulan mojokerto

pintu masuk arca yang terdapat patung di kanan kirinya

Di antara koleksi wisata sejarah museum ini ada salah satu koleksi terkenal, yaitu patung raja Airlangga digambarkan sebagai dewa Wisnu yang sedang mengendarai Garuda dari Candi Belahan. Sebuah patung bersayap dianggap sebagai perwujudan dari raja legendaris Blambangan, Minak Jinggo. Bagian dari candi itu ditemukan dari situs di Ampelgading Malang. Sebuah patung yang menggambarkan kisah Samodramanthana, atau ‘Pengadukan Lautan Susu’ yang terukir sangat indah.

Selain itu, pada wisata sejarah trowulan ada juga patung Big Sleeping Buddha atau Patung Buddha tidur Raksasa yang terdapat di kawasan Vihara Museum Majapahit. Patung Buddha Tidur terletak di bagian belakang kompleks candi itu sendiri, bila dilihat dari luar tidak akan terlihat. Patung Buddha Tidur yang berwarna keemasan ini memiliki panjang 22 meter dengan lebar 6 meter dan 4,5 meter. Patung Buddha Tidur ini dinobatkan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai patung Buddha tidur terbesar di Indonesia dan terbesar 3 di dunia, setelah Thailand dan Nepal.

patung buddha tidur

patung buddha tidur

Ada banyak patung lain di Vihara Majapahit, Selain Patung Buddha tidur. Di depan candi ada deretan patung Buddha dengan posisi tangan yang berbeda. Ada juga patung Buddha Four Face dan miniatur Candi Borobudur.
wisata-museum-trowulan-mojokerto.

Di Luar museum terdapat Kolam segaran. Kolam ini luasnya 6,5 hektar, panjang 375 meter dan lebar 175 meter. Di sekitar kolam segaran terdapat batu bata bersusun setebal sekitar 1,60 meter dan kedalaman kolam sekitar 2,80 meter. Diduga kolam ini memiliki beberapa fungsi sebagai tempat Raja rekreasi, penampungan air, dan beberapa menyebutnya sebagai salah satu danau.

miniatur candi borobudur

miniatur candi borobudur

Menurut Legenda kolam segaran juga merupakan tempat pembuangan piring, gelas dan segala peralatan masak yang digunakan setelah menjamu tamu dari luar negeri, hal ini untuk menunjukkan betapa kayanya kerajaan Majapahit waktu itu. Setelah tamu kembali pulang, barulah piring, gelas dan peralatan yang dibuang tersebut diangkat kembali dari kolam karena di dalam kolam terdapat jaring untuk menahan peralatan tersebut agar tidak jatuh ke dasar kolam.

Ada juga bangunan baru yang di topang besi berbentuk segi empat, entah apa nama bangunannya dan rencana mau di buat apa bangunan tersebut, yang pasti bangunan tersebut bentuknya unik dan menarik, sangat disayangkan apabila tidak dikunjungi.
wisata-museum-trowulan-mojokerto-jatim3

Jl. Majapahit No. 141-143, Trowulan, Mojokerto, Telp. (0321) 495515.
Pusat Informasi Majapahit (Museum Trowulan)
Jl. Pendopo Agung, Kec. Trowulan Kab. Mojokerto
Telp. dan Fax: (0321) 495515

Article Tags:
· ·
Article Categories:
Alam Terbuka · Sejarah
http://pesonajatim.com

Website yang berisi info seputar pariwisata yang populer dan lagi hits di jawa timur

Comments to Museum Trowulan, Museum Sejarah dan Situs Kerajaan Majapahit Terlengkap

Tinggalkan Komentar

Loading Disqus Comments ...
Loading Facebook Comments ...