Feb 24, 2016
1405 Views
18 1

Nasi Goreng Jancuk, Nasi Goreng Khas Surabaya

Written by

pesonajatim.com – Banyak turis tak melewatkan wisata kuliner saat ke Surabaya. Ya, kota ini memang menyimpan banyak makanan lezat, sebut saja nasi goreng jancuk. Selain porsinya yang jumbo, rasa pedasnya bikin lidah ingin terus bergoyang.
Apa yang Anda ketahui tentang Kota Surabaya selain sebagai ibukota Jawa Timur? Patung Ikan Suro dan Buaya? Kota Pahlawan? Bagaimana dengan wisata kulinernya? Sudahkah Anda pernah mendengar atau mencoba Nasi Goreng Jancuk?

Istilah ‘jancuk’ memang cukup populer di kalangan anak muda Surabaya. Awalnya, istilah ‘jancuk’ cukup kasar di telinga kita karena artinya yang kasar. Lambat laun, ‘jancuk’ dipakai untuk mengungkapkan kemarahan seperti halnya kata umpatan karena kesal.

Sudjiwo Tedjo, seorang seniman asal Jember sempat mempopulerkan istilah ‘jancuk’ dalam bukunya berjudul ‘Republik Jancukers’. Sejak itu, orang-orang mulai terbiasa dengan istilah ‘jancuk’. Bahkan, dalam hal bercanda, orang-orang mulai sering menggunakan kata ini.

Lantas, kenapa di Surabaya terdapat menu Nasi Goreng Jancuk yang sangat terkenal? Apa istimewanya sehingga menu ini diberi nama Nasi Goreng Jancuk?
Eko Sugeng Purwanto, koki yang meracik Nasi Goreng Jancuk ini. Hanya karena iseng membuat racikan nasi goreng untuk teman-temannya, yang berbeda dari biasanya.

Dia memakai cabai rawit yang pedasnya melintir lebih banyak sehingga teman-temannya kepedasan dan berujar ‘Jancuk, cak pedese rek’. Rasanya memang pedas namun membuat orang ketagihan dan ingin mencoba lagi.
Selain rasanya yang pedas, porsi yang disajikan cukup besar, bisa untuk 4-5 orang. Jadi, kalau mau mencoba, lebih baik ramai-ramai. Untuk memesannya, silakan pesan menu dalam paket, yaitu tambahan 1 pitcher es teh manis. Bagi yang tidak tahan pedas, jangan sekali-kali mencoba, karena pedasnya memang tidak main-main.
Mau coba? langsung saja ke Plaza Surabaya di Jln. Pemuda 31-37 Surabaya 031-5316833.

Article Categories:
Kuliner
http://pesonajatim.com

Website yang berisi info seputar pariwisata yang populer dan lagi hits di jawa timur

Tinggalkan Komentar

Loading Disqus Comments ...
Loading Facebook Comments ...