May 25, 2017
354 Views
15 0

Nikmati Sunset Romantis nan Eksotis di Pantai Batu Bengkung Malang

Written by

Pesonajatim.com – Keindahan pantai-pantai di Malang Selatan sudah tidak diragukan lagi. Salah satu Pantai unik yang wajib kamu kunjungi ketika wisata di kota Malang adalah Pantai Batu Bengkung. Pantai Batu Bengkung adalah pantai yang terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, pesisir selatan Kabupaten Malang. Tepatnya di sebelah barat Pulau Sempu Malang yang kini menjadi cagar alam yang dilindungi. Jika dari kota Malang dibutuhkan waktu sekamur 2 jam perjalanan.

Pantai ini disebut Batu Bengkung karena ada bebatuan yang melengkung mengelilingi pantai dan dikatakan menyerupai wanita yang sedang dikurung (bekung). ‘Bekung’ adalah tradisi wanita Jawa yang menggunakan stagen setelah melahirkan agar perut kembali langsing. Posisi Pantai Batu Bengkung sendiri terletak di bagian paling barat pantai lainnya di Malang Selatan. Pantai ini menjadi sangat populer setelah diliput oleh salah satu acara televisi swasta nasional.

Pantai, Pantai Selatan, Malang Selatan, Pantai Malang, Wisata Pantai, Wisata Malang, Malang, Pantai Batu Bengkung, Batu Bengkung, Wisata Keluarga, Wisata Pantai di Malang, Wisata Malang, Wisata Batu,Kolam Renang Alami batu bengkung, Batu Bengkung Malang, Pantai Malang Selatan, Malang

Penanda Pintu Masuk Pantai Batu Bengkung, Malang Selatan

Pantai yang berada di jajaran pesisir selatan pulau jawa ini mempunyai ciri khas yaitu ombak pantai yang besar dan tinggi, deburan ombak bisa mencapai 2 sampai 3 meter sehingga tidak sesuai dan tidak aman untuk berenang. Tapi, salah satu wisata pantai di Malang Selatan ini menawarkan keunikan yang mungkin tidak bisa temukan dengan obyek wisata lainnya, yaitu saat ombak pantai mulai surut, akan ada kolam renang alami yang sangat luas dibibir pantai.

Kolam ini terbentuk akibat ada cekungan sedalam 1,5 meter dan airnya berasal dari ombak yang membawa air ke tepian pantai namun terhalang oleh batu karang yang membentang sepanjang pantai. Air di kolam ini sangat jernih warna hijau toska, kolam renang alami ini lama-kelamaan akan hilang saat air laut surut, jadi kamu bisa berenang bebas dengan suasana udara yang tenang dan di temani ikan-ikan kecil yang beraneka ragam sebelum airnya surut.

Puas bermain di kolam renang alaminya, kamu bisa menikmati panorama samudra hindia dari ketinggian bukit yang ada di samping pantai. Namun untuk sampai di atas bukit hanya bisa di lalui saat air mulai surut. Bukit ini juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati panorama sunset yang sangat eksotis. Sesampainya di atas bukit kamu akan dimanjakan oleh hamparan samudra hindia yang membentang luas, belaian gelombang yang menabrak garis pantai dan kaki bukit kecil dengan lembut disertai semilir angin sepoi-sepoi yang membuat kamu tenang dan nyaman. Jika berminat, kamu bisa juga foto prewedding ditempat ini, Karena dibelakang pantai ada bukit berlatar-belakang pantai dan laut nan luas.

Pantai, Pantai Selatan, Malang Selatan, Pantai Malang, Wisata Pantai, Wisata Malang, Malang, Pantai Batu Bengkung, Batu Bengkung, Wisata Keluarga, Wisata Pantai di Malang, Wisata Malang, Wisata Batu,Kolam Renang Alami batu bengkung, Batu Bengkung Malang, Pantai Malang Selatan, Malang

Kolam Renang Alami yang bisa kamu nikmati di pantai batu bengkung setelah air laut surut

Dari tempat ini kamu hanya perlu melewati satu pantai kecil, yaitu Pantai Watu Lepek. Pantai ini memiliki pasir putih dan terasa sangat lembut di sela-sela jari kaki. Disini juga ada satu lagi tempat menarik yang harus kamu dekati saat menuju Watu Lepek, yaitu Goa Angin. Dinamakan Goa Angin karena dari dalam mulut gua bertiup angin yang sangat kencang yang bisa menerbangkan benda-benda ringan seperti pakaian kering dan topi kamu. Di mulut gua memiliki udara sangat dingin sehingga membuat kamu enggan bergerak dari dalam mulut gua.

Untuk harga tiket masuknya kamu cukup membayar dengan Rp. 5000/orang dan Rp. 5000 juga untuk parkir kendaraan roda dua. Untuk berkemah atau camping, kamu tidak dikenakan biaya tambahan. Jika kamu menggunakan roda 4, tempat parkir yang di sediakanpun cukup luas, fasilitasnyapun lengkap, ada toilet umum, warung-warung kecil disepanjang pantai, intinya kamu tidak akan kelaparan dipantai ini.

Ada 2 rute untuk menuju Pantai Batu Bengkung. pertama dari Kota Malang menuju Turen terus ke arah Pantai Sendang biru. Jalan yang harus dilalui sudah bagus, tapi kamu harus hati-hati karena akan melewati beberapa bukit yang cukup curam dan berkelok-kelok. Jika melewati Rute ini, kamu akan melewati beberapa deretan pantai yang sangat menawan dan mempesona, seperti Pantai Sendang Biru, Pantai 3 Warna, Pantai Gatra, Pantai China Goa, Pantai Watu Leter, Pantai Ungapan, Pantai Bajul Mati, Pantai Jelangkung, kemudian ke Pantai Batu Bengkung.

Rute kedua dari Kota Malang melewati Bululawang menuju arah Bantul, jalannya lebih bagus daripada melewati jalur Turen,Karena jalur ini baru saja di buat untuk melengkapi jalur yang rencananya menghubungkan Banyuwangi dan Pacitan. di sepanjang jalan kamu juga bakal melewati pantai-pantai lainnya disepanjang jalur selatan. Diantaranya Pantai Balekambang, Pantai Ngantep, Pantai Ngudel, Pantai Sipelot, Pantai Banyu Anjlok dan banyak Pantai lainnya.

Article Categories:
Pantai
http://pesonajatim.com

Website yang berisi info seputar pariwisata yang populer dan lagi hits di jawa timur

Tinggalkan Komentar

Loading Disqus Comments ...
Loading Facebook Comments ...