Feb 22, 2016
1240 Views
17 0

Pantai 3 Warna Yang Istimewa

Written by

pesonajatim.com – Pantai yang satu ini adalah salah satu destinasi wisata baru yang ada di Malang. Meskipun baru dibuka pada 2014 lalu, pantai ini sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahannya. Terdapat keunikan dan keistimewaan sendiri yang dimiliki pantai 3 warna, sesuai dengan namanya karena pantai ini terdiri dari 3 warna yang disebabkan karena perbedaan kedalaman air laut, keunikan yang ada di pantai ini yaitu masih bersih dan jernihnya air laut sangat terlihat alaminya.

Selain pasir putih yang lembut, kamu akan disuguhi keindahan terumbu karang yang ada di dasar lautnya, meskipun tidak seindah pemandangan bawah laut di Karimun Jawa, pantai 3 warna sangat direkomendasikan untuk snorkeling, dengan Rp. 15.000 saja kamu sudah bisa menyewa peralatan snorkeling lengkap, yaitu kacamata renang, rompi pelampung dan selang untuk menghidup udara.

Pantai 3 warna berada ini berada di area Rehabilitasi dan Konservasi Mangrove, Terumbu Karang serta Hutan Lindung Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang. Meskipun masuk wilayah konservasi tapi pantai 3 warna dijadikan tempat rekreasi dan wisata. Tentunya hal ini bukan semata-mata untuk mencari keuntungan atau memanfaatkan keindahan wisata pantai di Malang selatan ini.

Pihak manajemen ingin memperkenalkan keindahan alam Indonesia dan sekaligus mengedukasi para wisatawan bahwa menjaga kelestarian alam itu hukumnya wajib. Itu terbukti dengan ada beberapa peraturan ketat yang diterapkan apabila ingin berkunjung ke wisata pantai 3 warna Malang. Pengelola tempat wisata ini tidak akan memberikan toleransi bagi siapapun yang tidak punya iktikad baik untuk menjaga kelestarian lingkungan, dan juga kamu tidak diperbolehkan camping di Pantai 3 Warna karena wilayah ini termasuk dalam kawasan konservasi.

Kamu bisa camping bisa di pantai clungup atau gatra, untuk tenda sudah disediakan persewaan disana dengan biaya sewa Rp. 25.000/tenda dan sewa lahan Rp. 25.000. Untuk memasuki kawasan Pantai Tiga Warna (termasuk Pantai Gatra, dan Clungup) kamu dikenakan biaya Rp. 300.000/rombongan dengan perincian Rp. 100.000 untuk sewa guide, Rp. 150.000 untuk sewa lahan dan tenda dan Rp. 50.000 untuk tiket 10 orang. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan di Pantai 3 Warna karena jika kamu meninggalkan sampah maka akan dikenai denda Rp. 100.000/sampah.

Jika kamu akan mengunjungi pantai 3 warna, kamu harus menentukan dulu hari dan jumlah rombongan kamu, karena 1 booking dibatasi maksimal 10 orang. Jika kamu memilih weekend maka usahakan maksimal satu bulan sebelumnya telah melakukan reservasi, untuk weekday maksimal seminggu sebelumnya, karena pengunjung pantai ini dibatasi 100 orang/hari, hal ini untuk menjaga kenyamanan pengunjung dan kebersihan pantai. Biaya reservasi Rp. 100.000/perombongan (1 rombongan = 10 orang). Untuk reservasi bisa dilakukan via telepon ke nomor 0812-3333-9889.

Ada dua pilihan rute untuk menuju Pantai 3 Warna ini, namun yang direkomendasikan rute yang menuju ke arah Pantai Goa Cina. Rute ini dapat dilalui dari Kota Malang Menuju Gadang kemudian Turen dan ikuti petunjuk jalan ke arah Pantai Sendang Biru, pada persimpangan jalan menuju Pantai Goa Cina atau Pantai sendang biru. Ambil jalur menuju ke Pantai Goa Cina, ikuti jalan menuju Pantai Goa Cina dan kamu dapat langsung memarkir kendaraan di Pantai Goa Cina.

Untuk mencapai Pantai 3 Warna ada jalan setapak sekitar 450 meter dan terlebih dahulu sampai di Pantai Clungup. Dari Pantai Clungup kamu harus melewati perbukitan dengan jalan batu terjal di kawasan hutan konservasi. Sebelum sampai di Pantai 3 Warna akan ada pos informasi untuk lapor kunjungan sekaligus membayar uang reservasi. Setelah itu kamu akan dipandu oleh petugas hutan agar tidak tersesat.

Selain rute yang pertama tadi, Kamu dapat melewati rute lain menuju Pantai 3 Warna Malang melalui rute lintas selatan. Namun rute ini kurang bersahabat, dari jalan lintas tersebut kamu bisa mengikuti jalan menuju pantai Sendang biru. Sekitar 300 meter maka Kamu akan menemui lokasi parkir di perumahan penduduk, kamu dapat memarkir kendaraan di tempat tersebut.

Setelah itu kamu akan berjalan kaki ke arah Pantai Clungup, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu akan mengikuti jalan setapak dari pantai Clungup ke arah Pantai 3 Warna. Namun, seberat apapun jalan menuju pantai 3 warna, semuanya akan terbayar oleh keindahan alam ketika sampai. Dan keindahan itu akan melepaskan rasa lelah yang kamu rasakan selama perjalanan.

Disarankan berkunjung di saat air laut sedang normal. Karena pasang surutnya air laut berpengaruh terhadap spot snorkeling yang akan di jelajahi. Jika air sedang surut, pihak petugas akan mengarahkan kamu ke area tertentu dan tentunya sangat sayang sekali kamu tidak bisa mengexplore semua tempat indah disana. Karena waktu perjalanan kesana kurang lebih 1 jam berjalan kaki. Usahakan tiba disana sebelum jam 12 agar tidak pulang terlalu gelap. Jika kamu ke Pantai 3 Warna saat musim hujan, sebaiknya menggunakan sepatu gunung atau sandal gunung karena jalanan licin dan berbatu.

Article Categories:
Alam Terbuka
http://pesonajatim.com

Website yang berisi info seputar pariwisata yang populer dan lagi hits di jawa timur

Tinggalkan Komentar

Loading Disqus Comments ...
Loading Facebook Comments ...