Nov 6, 2017
1149 Views
11 0

Pesona Pantai Balekambang, Ikon Wisata Pantai Malang

Written by

Pesonajatim.com – Pantai Balekambang, merupakan ikon wisata pantai di Malang. Menurut cerita masyarakat, orang pertama yang membuka hutan di kawasan Pantai Balekambang bernama Syekh Abdul Jalil, seorang sarjana dari Yogyakarta. Saat meninggal, ia dikuburkan di sebuah kawasan dekat Pantai Balekambang yang berjarak sekitar 1 kilometer. Saat bulan Muharram / Suro, makamnya ramai diziarahi oleh umat Islam yang datang dari berbagai daerah. Pelayanannya dikenang oleh masyarakat sekitar sehingga membuat makamnya disucikan dan menjadi salah satu wisata religius di Malang.

Di bulan Suro, pantai Balekambang akan lebih ramai dari biasanya karena akan digelar upacara Suroan dan upacara Jalanidha Puja. Begitu juga saat Nyepi, pantai Balekambang akan banyak dikunjungi wisatawan mancanegara, karena umat Hindu yang tinggal di sekitar Malang melakukan prosesi upacara di Pura Amarta Jati yang terletak di Pulau Ismoyo.

 

featured, pantai, wisata pantai, wisata pantai malang, wisata malang, pantai malang, pantai malang selatan, malang selata, malang, pantai balekambang, balekambang, wisata keluarga.

pantai balekambang, ikon keindahan pantai malang. source:instagram

kamu bisa menyaksikan prosesi seremonial ini dengan syarat mematuhi norma-norma sopan santun dan menghormati masyarakat dan pemeluk agama yang sedang melakukan upacara tersebut. Kamu juga bisa menikmati prosesi seremonial sambil belajar budaya dan adat istiadat masyarakat.

di pantai ini, kamu akan melihat dengan hamparan lautan yang luas dengan air biru jernih, ombaknya tidak terlalu besar dan panorama khas pantai berbatu. Pantai Balekambang adalah pantai yang khas yang bersih dan tertata rapi. Dibelakang pantai, ada 3 pulau yang terlihat, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Tepat di pulau Ismoyo, ada sebuah pura megah bernama Pura Luhur Amertha Jati yang terhubung dengan jembatan dengan pantai utama Balekambang.

featured, pantai, wisata pantai, wisata pantai malang, wisata malang, pantai malang, pantai malang selatan, malang selata, malang, pantai balekambang, balekambang, wisata keluarga.

pulau amerta, salah satu pulau yang terhubung dengan jembatan utama dari pantai

Pantai Balekambang menawarkan banyak pilihan aktivitas yang bisa kamu lakukan, bermain air laut di pantai saat ombak tidak terlalu besar dan tanda larangan bermain di pantai tidak dipasang oleh pengelola pantai, melihat keindahan berbagai terumbu karang dan saat air surut, kamu bahkan bisa melihat beragam ikan hias kecil dan biota laut lainnya yang berenang berkerumun. Saat matahari terbenam, Pesona Pantai Balekambang akan tampak indah berkali-kali lipat saat matahari perlahan mulai memasuki tempat peraduannya. Sunset yang indah dengan semburat warna oranye emas menjadi lebih seksi dengan latar belakang siluet pura-pura di pulau-pulau sekitarnya.

Kamu juga bisa bermain flying fox di arena outbound hanya dengan membayar Rp 20.000. Sebelum berangkat dipantai, kamu bisa mampir di Pasar Dampit ke arah Pantai Balekambang untuk membeli makanan laut segar seperti ikan, cumi atau udang dan kemudian membakarnya di pantai. Atau jika kamu malas untuk memasak, kamu bisa menikmati menu seafood yang lezat sambil ngobrol santai dengan keluarga atau teman ditemani senja di warung tepi pantai.

featured, pantai, wisata pantai, wisata pantai malang, wisata malang, pantai malang, pantai malang selatan, malang selata, malang, pantai balekambang, balekambang, wisata keluarga.

bersantai sambil menikmati senja dari pinggir pantai, seperti hilang semua beban yang ada

Saat ini, Akses ke pantai ini sudah bagus. Jalan tersebut telah mulus diaspal meskipun kamu harus tetap berhati-hati dengan beberapa tanjakan dan belokan yang tajam. Sepanjang jalan, kamu akan dimanjakan dengan deretan pohon menghijau yang membuat udara menjadi sangat sejuk dan segar.

Pantai yang terletak di Kecamatan Bantur, 65 km selatan kota Malang ini. bisa dilewati dari beberapa jalur, dari Kota malang menuju Turen kemudian lewat Sumbermanjing, atau melalui kecamatan Gondanglegi dan Bantur yang lebih dekat jarak tempuhnya, atau lewat kecamatan Kepanjen, semuanya dapat diakses dengan kendaraan pribadi, sepeda motor atau mobil. Untuk bisa menikmati suasana pantai yang indah dengan udara segar, kamu hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000 atau Rp. 15.000 saat liburan.

Article Categories:
Pantai · Religi
http://pesonajatim.com

Website yang berisi info seputar pariwisata yang populer dan lagi hits di jawa timur

Tinggalkan Komentar

Loading Disqus Comments ...
Loading Facebook Comments ...