Apr 3, 2016
2645 Views
18 0

Sejuknya ‘Ngadem’ Di Telaga Ngebel Ponorogo

Written by

pesonajatim.com – Telaga Ngebel dengan diameter sekitar 5 kilometer terletak sekitar 30 kilometer sebelah timur laut dari kota Ponorogo atau sekitar 45 menit melewati Desa Babadan-Dolopo-Ngebel. Selain dari Ponorogo, Telaga Ngebel yang terletak di kaki Gunung Wilis itu juga bisa ditempuh dari Madiun, melewati kecamatan Dolopo.

Mengunjungi Telaga yang mempunyai cuaca dingin sekitar 20 derajat Celcius itu akan melewati jalan sedikit menanjak dan berkelok-kelok disertai dengan Pemandangan yang indah sepanjang jalan. pengguna kendaraan harus berhati-hati karena lebar jalan yang relatif sempit dan pada sisinya ada jurang. Bahkan jurang yang cenderung curam di sisi kanan kiri jalan dari Dolopo.

Setelah sampai di lokasi wisata telaga ngebel, sambil bersantai bisa berjalan memutari pinggiran Telaga menikmati pamandangan air yang tampak lebih indah jika mendapat sinar matahari. sembari berfoto dengan campuran latar belakang air dan hijau tebing sekitarnya atau jika beruntung dapat memadukan latar belakang dengan birunya awan.

untuk menikmati hawa udara yang sejuk Telaga Ngebel juga bisa sambil meminum secangkir kopi atau sajian kuliner dengan lauk ikan air tawar yang dihasilkan dari Telaga. Ada puluhan warung yang tersedia di tepi telaga. Selain itu, bisa juga menikmati wisata air dengan menaiki perahu bebek di telaga tersebut. Berkeliling ditengah telaga merupakan pengalaman tersendiri dan dapat dilakukan bersama-sama karena dalam satu perahu bisa diisi beberapa orang.

Selain menikmati air jernih dari telaga, kuliner, pada musim tertentu akan ada berbagai buah-buahan khas telaga ngebel yang murah karena
di sekitar telaga banyak menghasilkan berbagai buah. Ada durian khas Ngebel, ada juga berbagai manggis dan buah-buahan lainnya. Selain itu di Ngebel juga banyak tersedia penginapan dengan tarif murah. sehingga dapat menikmati wisata telaga Ngebel di malam hari.

Telaga yang secara Ilmiah itu terbentuk dari aktivitas vulkanik Gunung Wilis, yang kedalamannya sekitar 52m dengan luas sekitar 15km. Telaga Ngebel tidak hanya menampung 24 juta m3 air berguna untuk PLTA, peternakan ikan, dan menyiram tanaman di sekitarnya. Telaga alam cantik di kaki Gunung Wilis yang sejak tahun 2008 dikembangkan sebagai objek daya tarik wisata Ponorogo juga menyimpan legenda tua tentang sosok mistis ular naga bernama Baru Klinting. Legenda tentang naga yang merupakan reinkarnasi dari adipati angin Raya Bantaran. bermeditasi berubah menjadi ular yang menghuni telaga Ngebel.

Ada acara khusus disini yang diselenggarakan setiap malam 1 Suro (1 Muharram), ada acara larung sesaji yang dilaksanakan oleh warga sesepuh di Ngebel, setiap tahun pasti ramai dan penuh wisatawan. Tapi cerita di balik mitos Baru Klinting, Telaga Ngebel merupakan tempat yang cocok untuk mendinginkan kepala dan mencari inspirasi, tidak kalah bagus dengan objek wisata serupa di daerah lain.

Article Categories:
Alam Terbuka · Sejarah
http://pesonajatim.com

Website yang berisi info seputar pariwisata yang populer dan lagi hits di jawa timur

Tinggalkan Komentar

Loading Disqus Comments ...
Loading Facebook Comments ...