Sep 18, 2017
568 Views
12 0

Nikmati Keseruan River Tubing Di Coban Jahe

Written by

Pesonajatim.com – Membahas wisata air terjun atau yang lebih terkenal dengan Coban di Malang ini tak akan pernah habis seperti membahas banyaknya pantai di Malang. Kali ini, Coban Jahe. Coban yang terletak di Dusun Begawan, Pandansari Lor, Jabung, Malang, Jawa Timur ini menawarkan pesona alam yang tersembunyi, dengan ketinggian sekitar 45 meter dengan batu-batu cadas berukuran raksasa di dinding dan kolam kecil di bawahnya. Wana wisata ini masuk dalam kawasan Perhutani Unit II RPH Sukopuro-Jabung.

Coban yang juga dikenal sebagai Air Terjun Begawan ini masih sangat alami, bahkan jalan menuju coban ini pun masih dipenuhi dengan bebatuan dan tanjakan. Meski begitu, kendaraan roda 2 dan 4 sudah bisa masuk kesana. Dedaunan dan rerumputan di sekitar kawasan coban ini dibiarkan tumbuh bebas. Jadi tidaklah heran bila bebatuan licin dan rerimbunan tanaman bisa dijumpai di sekitar derasnya deburan air. Tak hanya itu, di setiap sisi coban bisa dijumpai pula batu cadas-cadas berukuran raksasa memperkokoh kondisi Coban Jahe. Sementara di sisi lainnya bebukitan hijau menjulang tinggi. Hal itulah yang membuat coban ini patut untuk kamu kunjungi. Selain itu, Coban ini memiliki nilai historis tersendiri yang merupakan asal muasal nama Coban ‘Jahe’.

malang, batu, coban, wisata coban,wana wisata coban, coba jahe,coban di malang,coban di batu, wana wisata,wisata malang, wisata batu air terjun,air terjun jahe, featured, air terjun malang,air terjun batu, wana wisata malang

Taman Makam Pahlawan kali Jahe, mengenang para pahlawan yang gugur disini

Kamu pasti mengira bahwa di lokasi Coban tersebut terdapat banyak tanaman jahe, yang merupakan salah satu rempah-rempah yang terdapat di Indonesia dan yang sangat terkenal di zaman Hindia-Belanda. Namun ternyata hal tersebut salah. Sebab nama ‘Jahe’ ini sebenarnya diambil dari Bahasa Jawa ‘pejahe’ yang berarti meninggal dunia. Nama itu muncul setelah sekitar satu regu tentara/TNI di bawah komando Ali Murtopo melakukan perlawanan terhadap pemerintah Belanda. Sayangnya, perjuangan itu harus berakhir dengan diluluh-lantakkannya perbukitan di sekitar pintu masuk Coban Jahe dengan bom-bom yang dilontarkan dari atas pesawat. Mereka yang meninggal karena tembakan bom ini dibiarkan begitu saja oleh Belanda. Sebaliknya, warga sekitarlah yang kemudian mengumpulkan jenazah yang saat itu meninggal untuk dikebumikan. Jenazah-jenazah para pejuang tersebut pun dikebumikan dan dibangunkan sebuah tempat khusus untuk selalu mengenang jasa-jasa mereka.

Seiring bergantinya waktu, nama ‘pejahe’ pun lama kelamaan berganti ‘jahe’. Keberadaan Makam Pahlawan Kali Jahe ini bisa dijumpai di sekitar 50 meter sebelum pintu masuk Coban Jahe. Di sisi kanan jalan sekitar makam, berdiri pembatas sederhana berukuran segi empat yang di tengahnya terdapat sebuah tugu. “Karena keberadaan makam sangat jauh dari keramaian, sekitar tahun 1994-1995, makam itu berusaha dipindahkan.

Menurut Legenda setempat, dahulunya Coban Jahe ini merupakan tempat pertapaan Dewa Indra, jika ada orang Indigo pasti akan melihat batu tempat Dewa Indra bertapa. Coban Jahe ini ditemukan dan dikembangkan oleh IPPASA, IPPASA berjuang untuk membuat suatu wisata coban yang dapat dinikmati warga sekitar, tanpa bantuan proposal apapun banyak lembaga-lembaga yang membantu IPPASA sehingga Coban Jahe berkembang menjadi sebuah Wana Wisata yang setiap harinya selalu dikunjungi orang para wisatawan. Petugas Perhutani setempat juga ikut berpartisipasi untuk mengembangkan Wana Wisata Coban Jahe tersebut.

malang, batu, coban, wisata coban,wana wisata coban, coba jahe,coban di malang,coban di batu, wana wisata,wisata malang, wisata batu air terjun,air terjun jahe, featured, air terjun malang,air terjun batu, wana wisata malang

Serunya river tubing, ada instruktur yang memandu

Coban Jahe pun semakin hari semakin dikenal dengan adanya sebuah permainan yang mengadu nyali yaitu River Tubing, Khusus bagi kamu yang ingin menguji adrenalin. Akan ada instruktur river tubing khusus disana. kamu akan diajarkan bagaimana cara menaiki ban, cara mengendarainya jika tersangkut di batu, dan apa yang harus dilakukan jika nanti kamu terjatuh. Coban jahe ini cocok sekali untuk kamu pecinta alam yang suka tantangan dan petualangan.

Buat Kamu ingin yang mengunjungi coban jahe ini, tiket masuknya murah banget, hanya dikenakan Rp 5000 saja untuk biaya masuk. Pengelola kawasan Wana Wisata Coban Jahe ini juga sangat ramah.

Article Categories:
Alam Terbuka
http://pesonajatim.com

Website yang berisi info seputar pariwisata yang populer dan lagi hits di jawa timur

Tinggalkan Komentar

Loading Disqus Comments ...
Loading Facebook Comments ...