Feb 18, 2016
1927 Views
19 0

Wisata Anyar Mangrove, Alternatif Tour Wisata Bahari di Surabaya

Written by

pesonajatim.com – Menghijaukan lingkungan hidup didukung oleh keberadaan hutan mangrove di beberapa daerah di Indonesia. Fungsi Mangrove adalah untuk memberikan nutrisi bagi ikan. Mangrove mampu melindungi wilayah pesisir badai tropis dan mencegah erosi akibat air laut. Selain itu, juga dapat menghemat jutaan ton karbon serta menjadi rumah bagi berbagai spesies yang tidak ditemukan di daerah lain. Hal ini membuktikan bahwa keberadaan hutan magrove sangat penting.

Surabaya sebagai kota besar di Jawa Timur memiliki beberapa wisata mangrove. Selain Ekowisata Mangrove Wonorejo, kota pahlawan ini juga mempunyai Wisata Anyar Mangrove Baru (WAM). Objek wisata yang masih relatif baru di kawasan Gunung Anyar, sekitar 2 km ke arah timur dari kampus UPN Veteran. Itu sebabnya, kawasan wisata ini juga sering disebut Mangrove Gunung Anyar. Tempat ini bisa menjadi wisata alam, sarana pendidikan lingkungan, serta menjadi alternatif alami untuk wisata bahari di Surabaya.

Wisata Anyar Mangrove (WAM) Surabaya diresmikan pada tanggal 1 Januari 2010 oleh Walikota Surabaya Bambang DH. Objek wisata ini memiliki nilai eksotis, seperti menggunakan perahu nelayan asli untuk sampai ke kawasan mangrove. Setelah di daerah ini, pengunjung dapat melihat hutan bakau, laut, dan flora dan fauna yang menarik.

Sepanjang jalan ke kawasan mangrove, Anda juga dapat melihat binatang liar seperti monyet ekor panjang dan berbagai jenis burung. Wisatawan yang tertarik untuk datang ke tempat ini untuk terlibat dalam penanaman dan merawat mangrove di daerah. Keberadaan WAM juga melibatkan banyak unsur masyarakat lokal sebagai petani ikan, nelayan, UKM, RT, RW, PKK, Polisi dan Forum Kemitraan Masyarakat (FKPM), dan Pemuda.
Untuk mencapai tempat wisata yang eksotik ini, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 5 km dari Jembatan MERR II-C di Pondok Nirwana atau Stikom Surabaya. Dari jembatan kita harus berjalan ke timur melewati pangkalan taksi IPH School, Orenz, untuk menuju EMW (Ekowisata Mangrove Wonorejo). Jarak dari EMW ke lokasi sekitar 2,5 kilometer. Transportasi yang dapat digunakan adalah sepeda motor atau mobil.
Wisata Anyar Mangrove dibuka setiap hari mulai jam 08:00-17:30 WIB.

Article Categories:
Main Yuk
http://pesonajatim.com

Website yang berisi info seputar pariwisata yang populer dan lagi hits di jawa timur

Tinggalkan Komentar

Loading Disqus Comments ...
Loading Facebook Comments ...