Aug 23, 2019
92 Views
0 0

Air Terjun Antrukan Pawon, Surga Tersembunyi di Kabupaten Lumajang

Written by

Sebelumnya, apa kamu tau tentang Air Terjun Coban Pawon? ya, masih mencoba mengexplore kota Lumajang, Jawa Timur. Air Terjun Coban Pawon ini terletak di Dusun Kertowono, Desa Wangkit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, Coban Pawon atau sering dikenal pula dengan nama “Antrukan Pawon” yakni sebuah wisata air terjun di Lumajang yang terbilang masih perawan. Memiliki alam yang begitu asri dan keunikan air terjun yang satu ini, membuat Coban Pawon begitu tepat untuk menyalurkan hobi akan sebuah petualangan.

Air Terjun Coban Pawon memang belum begitu dikenal, mungkin dikarenakan belum adanya pihak pengelola tempat ini. Padahal air terjun di Lumajang ini memiliki keunikan jika dibandingkan dengan air terjun pada umumnya. Coban Pawon, keunikannya tak hanya dari segi namanya yang ternyata bukan tanpa sebab. Asal usul sejarah Coban Pawon itu sendiri berawal dari sebuah kata “Coban” atau “Antrukan” yang berarti sebuah kucuran air dan “Pawon” berarti sebuah tungku atau dapur (dalam bahasa Jawa), berarti memiliki arti sebuah air terjun yang memiliki kucuran yang masuk kedalam sebuah tungku didalam dapur. Cukup unik bukan?

Keasrian dan Keunikan dari Air Terjun Antrukan Pawon

Penduduk lokal daerah Air Terjun Coban Pawon Lumajang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Lumajang juga terkenal akan Air Terjun Coban Pawon Lumajang yang sangat menarik untuk dikunjungi. Air Tejun Coban Pawon ini terbilang cukup unik, karena memiliki kekhasan sendiri, dimana air terjun ini antrukannya ada di dalam goa yg mirip pawon (dapur ruang memasak), masing-masing percikan air terjun ini dipercaya akan memperingan pengobatan penyakit. Coban ini memiliki ketinggian kurang lebih 15 m menerpa lobang goa yg ada dibawahnya. Jadi terlihat teramat indah & fantastis.

Perjalanan yang melewati perkebunan warga dengan kondisi medannya menantang karena belum sering dijamah orang bahkan juga sebelumnya tiba dekat di ruangan air terjun akan didapati medan yg lumayan curam berbarengan kemiringan lebih kurang 45 derajat. Naik turun bukit jadi ciri khas track menuju ke ruang. Namun itu sangat indah dan sangat menawan. Namun untuk selalu berhati – hati.

Menikmati Indahnya Ciptaan Tuhan

Air Terjun Coban Pawon Lumajang bisa dibilang sebuah wisata alam yang belum tersedia apapun akan fasilitas dan pelayanan, namun warga disini menyediakan fasilitas untuk digunakan para pengunjung di antaranya, Kamar Mandi, Musholla, Area Parkir dan juga tempat istirahat. Untuk masalah pembayaran tiket masuk, Pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp.5000,00/orang. Dan untuk jam buka/tutup di wisata antrukan pawon ini 24 jam. Jadi, monggo untuk kalian para penikmat wisata alam untuk mengunjungi destinasi wisata alam Kabupaten Lumajang ini.

Article Categories:
Alam Terbuka

Hanya seorang penyendiri dengan dunianya sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *