Aug 20, 2019
189 Views
0 0

Sensasi Nikmatnya Ayam Lodho Jawa Timur

Written by

Ayam Lodho adalah makanan khas dari Tulungagung dan Trenggalek, Jawa Timur berupa ayam goreng atau bakar yang bersantan khas. Keunikan dari dari Ayam Lodho adalah santan kentalnya yang khas dipadu dengan rempah-rempah pilihan. Pada dasarnya Ayam Lodho juga merupakan daging ayam bakar atau panggang yang dimasak lagi dalam santan dengan bumbu mirip kari pedas. Biasanya memasak Ayam Lodho dengan menggunakan kayu bakar dan menggunakan api kecil sehingga kuah menjadi kental dan ayam menjadi lembut.

Ayam Lodho juga harus menggunakan ayam kampung, bukan ayam petelur dan itu merupakan ciri khas dari Ayam Londho. Citarasa Ayam Lodho yang khas juga merupakan hasil dari daging ayam yang diolah melalui dua tahapan. Pertama, daging direbus dahulu dalam rendaman santan kelapa dan racikan berbagai jenis rempah-rempah, antara lain: cabe rawit, daun salam, lengkuas, serai, daun jeruk, garam, bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, dan jinten bubuk. Kedua, setelah santan dan bumbu rempah-rempah meresap, daging kemudian dibakar atau dipanggang di atas bara api dengan bahan bakar arang, baru kemudian disajikan bersama nasi putih dan urap sebagai menu pelengkapnya. Saat ini Ayam Lodho mudah ditemui di daerah Tulungagung dan Trenggalek.

Gurihnya Ayam Lodho Khas Jatim

• Jika kamu ingin sarapan ayam lodho, Warung Bu Sri ini bisa menjadi pilihanmu. Warung ini biasanya buka mulai pukul 05.30 sampai 10.00. Berlokasi di Jalan Dr. Sutomo No.36, Karangwaru, Kecamatan Tulungagung. Warungnya memang tidak mewah, tapi selalu ramai pembeli. Tentu rasanya lezat dan harga terjangkau, namun kamu harus antre terlebih dahulu. Uniknya, kamu dapat menikmati ayam lodho di sini menggunakan pincuk daun pisang.

• Ayam Lodho Pak Yusuf, Ayam lodho satu ini termasuk legendaris di Tulungagung, lho. Berlokasi di Jalan KH. R. Abdul Fatah No.88, sebelah barat Pasar Ngemplak, Tulungagung. Namun, telah membuka cabang di berbagai kota. Buka mulai pukul 08.30 sampai 21.00. Kamu pun bisa makan siang atau makan malam di sini. Rasanya tentu tidak kalah lezat dengan ayam lodho lainnya.

Nikmatnya Kuah dari Ayam Lodho

• Warung Lodho Lestari Jaya. Warung milik Bu Suparti ini memang legendaris di Tulungagung. Berlokasi di Desa Sukoanyar, Kecamatan Pakel, Kabupaten Tulungagung. Buka mulai pukul 07.00 sampai 17.00. Uniknya, ayam lodho dimasak dengan cara tradisional dengan menggunakan tungku, kayu bakar dan batok kelapa. Hal tersebut tentu bisa berpengaruh pada rasa dan orisinalitas ayam lodho khas Tulungagung. Ayam lodho yang disajikan biasanya berupa satu ekor ayam utuh. Tapi kamu bisa memesannya hanya setengah maupun seperempat bagian ayam
Itu adalah beberapa warung Ayam Lodho yang legendaris di Tulungagung dan trenggalek.

Article Categories:
Kuliner

Hanya seorang penyendiri dengan dunianya sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *