Aug 19, 2019
78 Views
0 0

Belajar dan Berwisata di Museum Probolinggo

Written by

Museum Probolinggo merupakan destinasi wisata yang menawarkan konsep sejarah dari Probolinggo, Museum ini terletak di Jalan Suroyo No 7 Kota Probolinggo – Jawa Timur. Museum ini mempunyai arsitektur bangunan yang khas peninggalan Belanda menjadikan museum ini sangat kental dengan suasana masa lampau. Bangunan Museum ini dulunya merupakan sebuah Gedung Societiet Gebow Harmony yang difungsikan sebagai Ballroom (Kamar Bola), yang artinya merupakan tempat berkumpulnya kaum priyayi Belanda, berdansa, main billyard, berinteraksi, dll dan kemudian gedung ini difungsikan sebagai Gedung Serba Guna yang biasanya digunakan oleh masyarakat atau instansi di Probolinggo untuk melakukan acara atau event – event tertentu.

Jika anda tertarik untuk mengunjungi museum ini, anda tidak akan di kenakan tiket masuk alias gratis. Museum ini beroperasi mulai pukul 08.00 sampai 15.00 sore. Di sini sudah disediakan area parkir yang luas, sehingga memudahkan pengunjung yang membawa kendaraan baik mobil atau motor. Setelah anda masuk ke area museum pertama anda akan disuguhi dengan pemandangan taman dan lengkap dengan replika Tank Tempur, Pesawat Tempur dan juga Kereta Api. Museum ini dibuka untuk umum sejak 26 Agustus 2009 dan diresmikan tanggal 15 Mei 2011.

Museum Probolinggo
Patung Dokar Peninggalan Sejarah Kota Probolinggo

Setelah anda masuk dari pintu utama, anda akan disuguhi dengan beragam patung replika yang merupakan benda – benda peninggalan sejarah. Beberapa patung tersebut berbentu replika patung Ganesha, Maha Surya, Bima, Nandi, Dwarapala dan Arjuna Wiwaha. Di dalam ruangan ini anda juga akan diberikan informasi secara detail informasi mengenai replika patung dan juga peninggalan sejarah lainnya. Kemudia setelah anda meninggalkan ruangan pertama, anda akan menuju ruangan yang didalamnya berisi peninggalan benda – benda pusaka seperti Tombak, Keris, Patil, Kapak, Peluit Kayu, Sempoa, Patung Rara Anteng dan Jaka Seger, Kecapi, Naskah Kuno dan juga Keramik yang merupakan benda peninggalan sejarah dan ditemukan dari abad yang berbeda – beda. Di ruangan ini juga ditampilkan informasi – informasi yang menjelaskan mengenai nama – nama peninggalan dan sejarah lengkap dengan tahun ditemukannya.

Apabila anda menyusuri ruangan demi ruangan, anda akan mendapatkan berbagai informasi dan dapat melihat gambar – gambar atau foto- foto Probolinggo tempo dulu. Dan yang lebih menarik lagi adalah sebuah gambar lengkap dengan informasi mengenai sejarah Pemerintahan Probolinggo (Gemeente) dari jaman Belanda secara detail. Di sini juga dipajang foto – foto para petinggi Gemeente Probolinggo secara berurutan menurut tahun kepemimpinannya.

Museum Probolinggo
Pajangan Batik, Salah Satunya Batik Manggur, Batik Khas Kota Probolinggo

Di ruangan selanjutnya anda akan menemui replika – replika mengenai budaya dan tradisi masa kini di Probolinggo antara lain tradisi Karapan Kambing, Lengger Probolinggo dilengkapi dengan alat musiknya, Kenong Telo dan Jaran Bodhak. Selain itu disini juga dipamerkan sebuah replika patung wanita membatik yang dilengkapi dengan kain Batik Manggur (Batik Khas Probolinggo). Kemudian disini juga dipamerkan transportasi modern seperti vespa dan pakaian – pakaian yang biasa dikenakan oleh masyarakat modern Probolinggo pada saat ini.

Article Tags:
· ·
Article Categories:
Main Yuk · Sejarah

Hanya seorang penyendiri dengan dunianya sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *