Aug 1, 2019
47 Views
0 0

Citarasa Khas Kota Jember, Suwar Suwir

Written by

Suwar Suwir adalah sejenis makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar tape. Sekilas makanan ini hampir mirip dengan Dodol, namun memiliki rasa dan tekstur yang sedikit berbeda. Suwar Suwir ini memiliki rasa lebih manis, lengit dan sedikit asam karena terbuat dari bahan dasar tape (fermentasi dari singkong). Selain itu rasa asli tape juga sangat terasa sehingga memberikan cita rasa yang sangat khas. Untuk teksturnya terasa lebih padat namun bila digigit terasa lembut di lidah. Suwar Suwir ini biasanya dibuat dengan berbagai rasa namun tidak meninggalkan cita rasa aslinya. Suwar Suwir ini merupakan salah satu makanan khas dari Jember, Jawa Timur.

Suwar Suwir memiliki bentuk kotak-kotak kecil yang sedikit memanjang. Makanan yang satu ini memiliki aneka rasa seperti sirsak, strawberry, pandan, coklat, dan vanili. Selain itu, untuk menarik perhatian pembeli, makanan ini memiliki warna-warna yang cerah seperti hijau, putih, merah, dan coklat. Suwar Suwir memang cocok menjadi teman yang pas untuk bersantai. Sambil ditemani secangkir teh atau kopi, makanan ini sangat pas dijadikan cemilan bersama keluarga di rumah.

suwar suwir
Proses pembungkusan suwar suwir

Proses pengolahan suwar Suwir ini juga hampir sama dengan Dodol maupun Jenang. Pertama tape dicampur dengan gula dan diaduk menggunakan mesin pencampur hingga menjadi adonan halus. Kemudian adonan tersebut dimasak menggunakan wajan besar dan diaduk, lalu diberi perasa tambahan dan diaduk lagi hingga rata dan mengental. Setelah adonan mengental kemudian dinginkan di atas Loyang dan beri sedikit pewarna makanan. Apabila adonan sudah menjadi Suwar Suwir kemudian lepas dari Loyang dan potong-potong menjadi kecil. Pada proses terakhir, suwar suwir dikemas dengan menggunakan kertas minyak dan dibungkus dengan plastik.

Bagi kalian yang berkunjung ke Kota Jember, tentu kurang lengkap rasanya bila belum menikmati dan membawa pulang makanan khas satu ini. Suwar Suwir ini merupakan salah satu makanan khas Jember yang cukup terkenal. Di Jember sendiri terdapat banyak industri rumahan yang memproduksi makanan ini. Suwar Suwir ini biasanya banyak dijual di warung-warung maupun toko oleh-oleh yang berada di Jember. Makanan ini juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana. Harga suwar suwir pun relative terjangkau. Makanan ini dijual dengan harga Rp 15.000 – Rp 20.000 per kilogram. Jika kalian berkunjung ke Kota Jember, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk membeli suwar suwir sebagai oleh-oleh keluarga di rumah.

Article Tags:
Article Categories:
Kuliner

Hanya seorang penyendiri dengan dunianya sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *