Jul 25, 2019
211 Views
1 0

Destinasi Wisata Alam Bebas Air Terjun Kali Pedati

Written by

Bagi kamu yang suka pemandangan alam serta mengekspresikan hobi fotografi dan merekam dengan video, cobalah datangi air terjun Kali Pedati di Desa Kalianan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo. Destinasi ini cocok bagi para penikmat wisata alam bebas. Lokasinya terletak di sisi selatan Kabupaten Probolinggo, yaitu di kawasan hutan lindung Petak 1a KRPH Bermi. Aneka satwa dan tumbuhan, menjadi menu pembuka sebelum pandangan mata tertuju pada air terjun setinggi 50 meter. Air yang jernih dan segar menjadi suguhan selanjutnya.

Destinasi air terjun Kali Pedati mulai mencuri perhatian para pemburu wisata alam bebas. Dengan biaya yang relatif murah, akses jalan utama yang sudah bagus, maka sangat layak ditambahkan pada daftar kunjungan wisata di Jawa Timur. Jarak tempuh dari Ranu Besar Resort dengan kendaraan bermotor sekitar 90 menit, lalu jalan kaki menyusuri daerah sepanjang ajaran Sungai Pedati yang punya tebing vertikal, selama 60 menit.

Air Terjun Kali Pedati
Perjalanan menuju air terjun kali pedati

Sepanjang perjalanan, tempat ini menawarkan pesona, perpaduan antara eksotisnya air terjun, perkebunan kopi, vegetasi liar dan tebing alam yang menjulang. Ada burung, primata, serangga, serta beragam jenis rumput liar dan anggrek yang saling menempel di batang pohon kopi. Setidaknya, terdapat 24 satwa liar jenis burung seperti Prenjak Cokelat, Meninting kecil, Cekakak Jawa, Pelanduk semak, Elang ular bido, Elang Sikep madu Asia (Migran). Selain itu, Kicuit batu (migran), Kadalan birah, Pelanduk topi hitam, Takur tenggeret, Srigunting kelabu, Sikatan kerdil, Sikatan kepala abu abu. Lalu, Cinenen pisang, cinenen Jawa, Wiwik kelabu, Kaladi ulam, Madu bunga api, Merbah terucuk, Merbah kutilang, Bondol jawa, Bondol peking dan layang–layang loreng. Tak lupa, sering dijumpai koloni lutung jawa dan tupai di balik pepohonan menuju spot air terjun.

Sayangnya, di lokasi wisata ini, belum ada fasilitas umum seperti tempat parkir kendaraan. Kamu dapat memanfaatkan halaman rumah warga di dusun terakhir dengan tarif seikhlasnya. Warga lokal sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Untuk kamu yang menggunakan kendaraan umum, bus dan angkutan lain bisa berhenti berhenti Desa Krucil. Setelah itu lanjutkan dengan ojek menuju Desa Kalianan, baru berjalan kaki hingga lokasi air terjun Kali Pedati. Jalannya setapak, relatif datar, melewati dua jembatan bambu, menyeberangi sungai kecil.

Air Terjun Kali Pedati
nikmat sederhana ada pada rasa syukur

Waktu terbaik untuk menjelajah air terjun Kali Pedati adalah di musim kemarau. Silakan berangkat pagi-pagi sehingga pulangnya tidak terlalu larut. Jadi, memang dapat diselesaikan dalam waktu sehari saja. Bawa bekal, air minum dan bawa pula perlengkapan sabun, tisu basah, obat-obatan, antiseptik. Serta beberapa barang tambahan seperti kamera untuk mengabadikan momen bersama kelurga atau teman kamu.

Article Categories:
Alam Terbuka

Hanya seorang penyendiri dengan dunianya sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *