Jul 30, 2019
218 Views

Destinasi Wisata Arung Jeram Sungai Pekalen yang Menguji Nyali

Written by

Melakukan aktivitas yang ekstrim kala berlibur bisa menjadi pilihan untuk kamu dalam mengisi liburan. Salah satu aktivitas liburan yang bisa kamu pilih adalah wisata arung jeram. Wisata ini terletak di daerah Probolinggo, tepatnya di Sungai Pekalen yang ada di Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris. Nama desa ini didasarkan pada banyaknya pohon pisang yang ada di daerah ini. Cobalah untuk berlibur ke Wisata Arum Jeram ini karena sejenak kamu bisa melupakan segala beban di pikiran dan rasakan perasaan lega dan puas usai melakukan arung jeram dengan menikmati keindahan alamnya yang hijau dan menenangkan.

Sungai Pekalen berjarak 25 km dari pusat kota Probolinggo dan melintas diantara tiga kecamatan yakni Kecamatan Gading, Maron, dan Tiris. Air sungai ini bersumber dari mata air Gunung Argopuro dan Gunung Lamongan serta terbagi dalam tiga wilayah, yakni Sungai Pekalen Atas dengan jarak 12 km, Sungai Pekalen Tengah berjarak 7 km, dan Sungai Pekalen Bawah dengan jarak 10 km.

Wisata Arum Jeram
Air Terjun Sungai Pekalen

Di sungai dengan karakteristik berkelok dan bertebing ini, masing-masing jeramnya memiliki nama-nama tersendiri, seperti welcome yang merupakan jeram pembuka, batu jenggot, pandawa, hingga inul yang akan membawa kamu bergoyang layaknya goyangan Inul Daratista ketika melewatinya. Seperti biasa untuk rafting kamu akan debriefing mengenai aba-aba untuk rafting, seperti dayung maju, mundur, stop, boom dan lain-lain.

Harga tiket masuk untuk Wisata Arum Jeram ini adalah Rp 250,000.00 per orang, dan buka jam 08.00 WIB dan tutup jam 17.00 WIB. Daya tarik lain dari Sungai Pekalen ini adalah keberadaan air terjun yang harus kamu lewati. Tak kurang ada tujuh air terjun yang harus dilewati dalam perjalanan yang sangat menguras adrenalin tersebut. Perjalanan kamu semakin seru karena bertemankan pemandangan hijau menyegarkan dan sejumlah suara binatang seperti burung kepodang, elang, monyet yang bergelantungan, tupai, ataupun biawak. Ada pula pemandangan goa-goa kelelawar yang molek yang akan kamu temui disepanjang Sungai Pekalen.

Wisata Arum Jeram
Keseruan dalam melewati arus sungai yang sangat menguji nyali

Rafting di Sungai Pekalen ini di setiap perjalanan kamu harus memegang dayung dan melakukan pendayungan. Namun kamu tidak perlu khawatir kelelahan karena pemandu akan memimpin dalam menggunakan dayung dan memberitahu tekni mendayung. Jadi jika kamu ingin merasakan suasana liburan yang menantang adrenalin bisa melakukannya di Sungai Pekalen dengan mengikuti paket wisata ke Probolinggo.

Article Categories:
Alam Terbuka

Hanya seorang penyendiri dengan dunianya sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *