Jul 25, 2019
77 Views
1 0

Goyang Lidah Anda bersama Lontong Kupang

Written by

Di Jawa Timur ini bukan hanya kekayaan alam saja yang melimpah dan indah , selain itu ada berbagai banyak kuliner yang sangat khas di Jawa Timur ini, yait Lontong kupang. Lontong Kupang ini adalah makanan khas Jawa Timur khususnya Sidoarjo, Lontong Kupang ini memiliki cita rasa yang menggoda membuat siapa saja penasaran untuk mencobanya. Bahan yang digunakan untuk membuat kupang adalah kerang putih yang memiliki ukuran 1cm atau sebesar butiran beras, kupang hanya ditemukan dipesisir Timur Jawa Timur khususnya di Surabaya dan pasuruan. Sehingga kuliner ini menjadi ciri khas tersendiri di Jawa Timur.

Cara penangkapan kupang sangat sederhana. Nelayan hanya menggunakan alat sederhana berupa sabit untuk menyabit rumput atau ganggang laut dimana banyak kupang yang menempel disana. Nelayan juga bisa menggunakan tanah liat berwarna kuning yang biasa ditemukan dipantai utara Jawa Timur sebagai umpan untuk menangkap kupang.

Lontong Kupang
Kerang Kupang

Kupang yang sudah dikupas dan dimasak, disajikan dengan kuah yang telah dicampur dengan petis, yang telah diolah, kemudian di uleg dengan potongan bawang putih mentah, gula,bawang putih goreng dan diberi perasan jeruk nipis, serta diberi tambahan cabe bagi yang menyukai pedas. Lontong kupang harus disajikan bersama es kepala muda, bagi sebagian orang mengonsumsi makanan yang berasal dari laut bisa menyebabkan keracunan. Karena itu penjual lontong kupang selalu menyediakan es kelapa muda untuk menawar racun dari kupang. Air kelapa merupakan air yang cocok untuk penawar racun. Tetapi Kupang sendiri memiliki beberapa kandungan yang baik bagi tubuh manusia. Kupang juga mengandung asam-asam lemak yang dibutuhkan tubuh manusia.

Lontong Kupang
Es kelapa teman yang cocok untuk menyantap lontong kupang

Bagi anda yang penasaran seperti apa nikmatnya lontong kupang, kuliner ini bisa ditemui di warung-warung makan yang ada di Jawa Timur, tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk menikmati satu mangkok lontong kupang ini, cukup dengan Rp. 17.000,- anda sudah bisa menikmati nikmatnya lontong kupang dengan segelas air kelapa segar, selain itu ada tambahan lauk seperti sate kerang dan gorengan yang sangat murah dan lezat, dengan Rp.10.000,- anda dapat menikmati seporsi sate kerang dan gorengan.

Article Tags:
·
Article Categories:
Kuliner

Hanya seorang penyendiri dengan dunianya sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *