Aug 21, 2019
190 Views
0 0

Jember Festival Carnival yang Mendunia

Written by

Siapa yang tak tahu Kota Jember, Kota yang dipenuhi beragam budaya dan pesonanya yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para masyarakat indonesia maupun masyarakat mancanegara. Dimulai dari wisata alamnya yang menyuguhkan pemandangan alam ynag sangat indah seperti persawahanmya nan hijau, wisata lain seperti pantai, air terjun, pegunungan, dan tak kalah pula festival – festival besar yang diadakan di Kota tersebut.

Nah, pada artikel kali ini, kita akan mendeskripsikan tentang Jember Fashion Carnival yaitu acara event karnaval busana berstandar dunia dan carnival terbaik pertama di Asia hingga ketiga di dunia. JFC berhasil menempatkan diri sebagai karnaval ketiga di dunia setelah NottingHill, Amerika Serikat dan Reunion, Prancis dalam Carnaval International de Victoria, yang digelar di ibu kota Seychelles, Afrika.

Kemeriahan Pertunjukan JFC Jember

Karnaval Jember adalah yang pertama yang memulai tren di Indonesia, memamerkan kostum modern yang luar biasa spektakuler yang berakar pada berbagai tradisi dan budaya di seluruh pulau Indonesia. Secara umum, Jember Fashion Carnaval menggunakan busana bertema dunia atau tema yang terinspirasi alam. Persiapan diadakan secara luas beberapa bulan sebelum dan peserta mengajukan diri untuk acara tersebut.

Gagasan untuk Jember Fashion Carnaval direalisasikan oleh perancang dan pengajar mode lokal Dynand Fariz. Awalnya, pekan mode bertema dunia yang dikenal sebagai Pekan Mode Dynand Fariz diadakan pada tahun 2001. Pada tahun 2002, pekan mode diadakan di sekitar kota Jember. Ini telah mengilhami penciptaan Jember Fashion Carnaval. Jember Fashion Carnaval pertama diadakan pada 1 Januari 2003, tanggal yang sama dengan hari berdirinya Kota Jember. Ini diikuti oleh Jember Fashion Carnaval lainnya pada Agustus 2003. Sejak itu karnaval diadakan pada bulan Agustus.

Kali ini, JFC akan digelar dengan tema Tribal Grandeur dan melibatkan lebih dari 6.000 peserta karnaval. Event JFC menjadi salah satu atraksi unggulan Kabupaten Jember yang terus berusaha meningkatkan 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas) sebagai unsur terpenting dalam mengembangkan pariwisata.

Peserta mengenakan kostum Reog saat mengikuti kegiatan JFC

Menariknya, dalam Jember Fashion Carnaval kali ini tampil pula sosok penyanyi sekaligus aktris cantik Cinta Laura. Cinta tampil di puncak Jember Fashion Carnaval pada Minggu, 4 Agustus 2019 kemarin. Busana yang digunakan cinta adalah Kostum Hudoq. Cinta mendukung acara sosial Jember Fashion Carnaval tanpa dibayar sepeserpun. Bukan hanya memeriahkan dengan peragaan busana, Cinta juga diketahui menyanyikan single terbarunya.

Peragaan Busana Cinta Laura

Begitulah deskripsi singkat tentang Jember Festival Carnival, Bagi kalian yang ingin menyaksikan langsung acara besar tersebut, tunggu tahun depan ya, karena acara itu dilaksanakan setiap tahunnya sekitar tanggal 31 Juli sd 4 Agustus. Jangan sampai ketinggalan.

Article Categories:
Main Yuk

Hanya seorang penyendiri dengan dunianya sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *