Jul 15, 2019
225 Views
3 0

Keindahan Alam Gunung Lemongan – Lumajang

Written by

Kabupaten Lumajang terkenal dengan lokasi wisatanya yang menawan, salah satunya adalah Gunung Lemongan. Bagi kamu yang menyukai pemandangan alam dan gemar mendaki gunung, cobalah untuk berkunjung ke gunung ini karena keindahannya tak kalah dari pegunungan lainnya. Gunung Lemongan adalah sebuah gunung api Strato yang masih aktif, terletak di desa Papringan – Klakah – Kabupaten Lumajang – Jawa Timur. Gunung ini memiliki 5 puncak. yang saat ini aktif terletak 650 meter di sebelah barat daya puncak Tarub. Di gunung ini juga terdapat beberapa danau yang masih alami dan asri di antaranya Ranu Pakis, Ranu Klakah dan Ranu Bedali, terletak di lereng barat dan timur.

Saat mendekati hampir puncak Gunung Lemongan maka kamu akan melihat batu yang cukup besar yang banyak pendaki menjulukinya batu kembar. Kalau kita benar – benar memperhitungkan waktu dengan tepat maka kita akan bisa menikmati matahari terbit dari atas puncak Gunung Lemongan. Kita juga bisa menikmati keindahan Ranu Klakah, Ranu Pakis, Ranu Lading, dan Ranu Wurung dari puncak Gunung Lemongan.

Keindahan Alam Gunung Lamongan
Puncak G.Lemongan 1671 MDPL

Puncak Gunung Lemongan terletak di ketinggian 1676 MDPL. Dari puncak gunung ini apabila cuaca cerah akan terlihat pemandangan yang sangat bagus. Sebaiknya sampai di puncak gunung ini sebelum waktu subuh (sebelum jam 4 pagi), supaya dapat merasakan indahnya matahari terbit. Di puncak gunung Lemongan disebelah timur and dapat melihat pemandangan gunung Argo Puro, gunung Raung, puncak Ijen yang indah dan gagah. Sedangkan dari arah barat terlihat gunung Semeru, puncak B-29, Puncak B-30, Pundak Lembu, Ranu Klakah dan Ranu Pakis.

Untuk menuju ke Gunung Lemongan kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika kamu menggunakan kendaraan umum akses jalan yang bisa ditempuh jika dari Surabaya ataupun dari Jember adalah berhenti di Stasiun Klakah. Bisa juga di Alfamart Klakah. Selanjutnya anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju Pos 1 (Padepokan mbah Citro). Jarak yang ditempuh cukup jauh sekitar 7-8 km sehingga cukup membuat kaki kamu terasa pegal. Alangkah baiknya jika kamu menggunakan kendaraan pribadi karena perjalanannya hanya sekitar 40 menit dari stasiun Klakah. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya menitipkan kendaraannya di rumah warga karena di Pos 1 tidak ada lokasi parkir.

Keindahan Alam Gunung Lamongan
Keindahan Alam Gunung Lamongan jika dilihat dari Ranu Klakah

Selain itu di Gunung Lemongan ini kamu tidak perlu membayar tiket masuk alias gratisss. Suasana akan semakin sempurna apabila anda berkunjung ke gunung Lemongan ini bersama teman, sahabat, pacar, atau keluarga. Jangan lupa selalu hati-hati dan abadikan moment indahmu dengan kamera ya guysss..

Article Categories:
Alam Terbuka · Gunung · Sejarah

Hanya seorang penyendiri dengan dunianya sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *