Jul 18, 2019
286 Views
2 0

Nasi Pecel Madiun yang Legendaris

Written by

Kota Madiun adalah kota yang terkenal dengan makanan khas yang sangat nikmat sekaligus sehat yaitu pecel. Kalian semua pastinya sudah tidak asing lagi kan mendengar kata pecel Madiun. Makanan ini sudah ada semenjak masa penjajahan Belanda. Pecel merupakan makanan yang dikombinasikan dengan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya dan dicampur dengan aneka jenis sayuran. Cara penyajian bisa dalam piring atau dalam pincuk (daun pisang yang dilipat).

Sambel pecel merupakan bagian utama yang memegang peranan penting dalam menentukan enak atau tidaknya rasa seporsi nasi pecel Madiun. Sambel pecel sendiri terbuat dari beberapa bahan diantaranya kacang tanah, cabe rawit, daun jerut purut, bawang, asam jawa, kencur, lada, gula dan garam. Sebelum digunakan untuk membuat sambel, terlebih dahulu kacang tanah digoreng atau disangrai. Aroma daun jeruk purut merupakan ciri khas yang terdapat pada sambel pecel Madiun. Untuk tingkat kepedasan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Nasi Pecel Madiun yang Legendaris
Nasi Pecel Madiun yang Legendaris

Sedangkan untuk sayuran biasanya terdiri dari bayam, tauge, kacang panjang, kemangi, bunga turi, mentimun atau sayuran lainnya sesuai selera. Sebelum dihidangkan sayuran direbus dahulu, namun alangkah lebih baik jika sayuran hanya dicelupkan ke dalam air panas selama 5 menit saja agar sayuran tetap hijau dan segar. Selain sayuran dan sambal pecel, nasi pecel juga dilengkapi dengan lauk. Lauk untuk nasi pecel sangat bervariasi, namun yang paling sederhana dan paling umum ditemui adalah tempe goreng, rempeyek kacang/teri atau lempeng beras. Ada juga yang menyajikan dengan lauk tahu, bakwan jagung, telur, ayam goreng atau sesuai selera.

Nasi Pecel Madiun yang Legendaris
Nasi Pecel Madiun yang Terkenal dengan Sambal Pedasnya

Nasi pecel Madiun juga cocok bagi para vegetarian yang ingin memenuhi kecukupan gizi namun tanpa kehilangan sensasi nikmat sebuah sajian. Bagi anda yang sedang berdiet dapat mengombinasikan sayur dan lauk serta menghilangkan nasi pada tiap porsinya alias pecelan saja. Inilah salah satu kelebihan pecel Madiun, dapat dikreasikan sesuai selera anda sekalipun bagi anda yg berdiet untuk tetap dapat menikmatinya. Intinya yang tidak boleh ketinggalan yaitu sambel pecelnya.

Nasi pecel Madiun begitu popular sehingga tidak hanya bisa ditemui di Madiun saja, namun dapat ditemui diberbagai wilayah khususnya di Indonesia karena makanan khas Madiun ini selain lezat disantap juga harganya merakyat yaitu sekitar Rp 15.000 – Rp 20.000 per porsi, bisa untuk rakyat kalangan bawah, menengah maupun rakyat kalangan atas. Jadi tunggu apa lagi silahkan coba dan buktikan sendiri kenikmatannya…

Article Tags:
Article Categories:
Kuliner

Hanya seorang penyendiri dengan dunianya sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *