Aug 28, 2019
49 Views
1 0

Pantai Klayar Pacitan Wisata Alam Di Ujung Barat Jawa Timur

Written by

Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur, akan selalu meninggalkan kesan sendiri bagia siapa saja yang pernah berkunjung kesana. Mulai dari suasana pantai yang masih sepi dan alami, pasir putih agak kecoklatan bersanding damai dengan gagahnya karang yang menjorok kelaut. Ada hal menarik di Pantai Klayar, yaitu semburan air laut dari sela-sela karang. Sebenarnya semburan air itu adalah semburan air laut yang tertekan dari bawah tebing, karena arus air laut di bawah lebih tinggi, maka terjadilah semburan air laut ke atas melalui sela-sela karang.

Pantai Klayar ini berada di Desa Kalak, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Akses menuju kesana juga tidak terlalu sulit, hanya saja perjalanan ada beberapa yang kurang mulus. Jika pengunjung datang dari arah Kota Jogja, bisa melalui kota Wonosari di Gunung Kidul, lalu ke timur menuju ke arah Pathuk dan lanjut ke arah Kota Wonosari. Nah dari sana perjalanan berlanjut ke Pracimantoro, setelah itu ke Giri Belah.

Pantai Klayar
Pesona Keindahan Pantai Klayar Pacitan

Nanti akan melewati daerah Punung, setelah daerah Punung nanti di kanan jalan ada papan nama Pantai Klayar. Pengunjung atau wisatawan tinggal mengikuti arah papan nama menuju ke Pantai Klayar tersebut. Kalau para pengunjung melalui atau datang dari arah Kota Solo, rute paling mudah adalah melewati daerah Pracimantoro. Lurus terus sampai nanti sampai di daerah Giri Belah, lalu belok ke kanan terus sampai di daerah Kalak. Nah dari daerah Kalak tinggal ikuti saja rutenya.

Anda bisa menikmati semua keindahan diatas, dengan membayar harga tiketnya sebesar 5 ribu rupiah saja. Tetapi, saat libur dan malam minggu, Pantai Klayar akan naik harganya sebesar 10 ribu rupiah. Untuk harga parkir, anda akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah bagi yang menggunakan mobil. Bagi yang menggunakan kendaraan bermotor, maka wajib membayar uang sebesar 2 ribu rupiah.

Pantai Klayar
Kejernihan Air Pantai Klayar

Jika anda mengalihkan arah pandangan ke wilayah barat dari Pantai Klayar, disana ada sebuah tebing tinggi kurang lebih 50 meter. Tebing karang tersebut menjadi salah satu ciri khas Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur. Keunikan dari Pantai Klayar adalah pengunjung bisa menyaksikan fenomena-fenoma air laut yang memancar keatas kurang lebih setinggi 8-10 meter. Sebenarnya fenomena yang langka dan unik ini disebabkan oleh semburan dengan tekanan tinggi air laut yang masuk melalui bagian bawah bebatuan.

Fasilitas di Pantai Klayar sudah cukup memadai. Disana sudah tersedia kamar mandi dan toilet yang bersih. Bagi para wisatawan yang beragama islam juga tersedia mushola di kawasan Pantai Klayar. Untuk urusan perut tenang saja, warung-warung pinggir Pantai Klayar siap memanjakan perut anda dengan berbagai menu. Bagi pengunjung yang menginap, sayangnya Pantai Klayar belum tersedia penginapan atau hotel. Tetapi pengunjung boleh mendirikan tenda atau camping, dengan syarat harus melapor dulu kepada pengelola wisata Pantai Klayar.

Pantai Klayar
Panorama Senja di Pantai Klayar Pacitan

Salah satu hal yang indah di Pantai Klayar adalah fenomena sunsetnya, sunset di Pantai Klayar Pacitan adalah suatu sunset yang sangat indah dan memanjakan mata. Sepanjang garis Pantai Klayar, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai yang masih bersih dan alami dengan hiasan pohon kelapa di pinggir Pantai Klayar. Bagi pengunjung atau wisatawan yang memutuskan untuk ke Pantai Klayar, tidak lengkap rasanya jika belum mampir ke wisata Pacitan lainnya yaitu ke Gua Gong, Gua Putri, Gua Tabuhan, Pantai Sraudan dan Pantai Teleng Ria.

Article Categories:
Pantai

Hanya seorang penyendiri dengan dunianya sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *