Aug 26, 2019
215 Views
1 0

Uniknya Kue Pudak Khas Gresik

Written by

Pudak merupakan salah satu kue khas Gresik, yang sudah melegenda di Indonesia sejak jaman para wali songo dahulu. Makanan khas ini terbuat dari bahan tepung beras yang diolah menggunakan gula jawa serta dicampur santan kelapa yang dikemasan dengan “ope” atau sering disebut pelepah daun pinang. Pelepah pinang memiliki sejumlah kelebihan, yaitu kuat dan lentur. Selain itu, lembaran daun bagian dalam ada semacam lapisan yang menyerupai plastik. Lapisan inilah yang secara alami dapat mengatur suhu kue pudak. Pudak juga ada yang terbuat dari bahan sagu sehingga disebut pudak sagu. Pada perkembangannya dari tahun ke tahun ragam pudak tidak terbatas 3 rasa macam saja seperti, pudak putih (gula pasir), pudak merah (gula jawa) dan pudak sagu.

Pada masa ini, pembuat kue pudak mulai berinivasi untuk merebut pasar, maka ragam dan rasa pudak pun bertambah, diantaranya pudak pandan yang berwarna hijau dan harum karena campuran sari daun pandan. Namun kadang-kadang para pembuat pudak memilih menggunakan daun suji sebagai perwarna pengganti, mengingat warnanya yang lebih kuat hijaunya, sensasinya juga tak kalah dengan daun pandan.

Kue pudak merupakan jajanan yang kaya kalori dan mengenyangkan. Disamping itu kue ini bisa bertahan selama 3 hari, bila diangin-anginkan. Konon kue ini dibuat sesuai kebutuhan masyarakat Gresik yang saat itu bermata pencaharian sebagai pedagang, yang cenderung bepergian jauh. Di Kabupaten Gresik sendiri ada tiga jenis pudak yang biasa dijual di berbagai sudut Kota Gresik, seperti pudak yang dijual di sepanjang Jalan Veteran, Kebomas atau di Jalan Sindujoyo dengan harga Rp 20.000,- sampai Rp 25.000,- per renteng isi 10 biji. Disamping rasa yang khas, bentuk kemasan pudak tidak ada yang menyamai di antara jajanan manapun. Dari bahan yang sudah mulai langka, pembuatannya pun tidak sederhana.

Kue Pudak Gresik
Kue Pudak Gresik

Bahan Membuat Kue Pudak Khas Gresik :

  • Tepung beras 1 kg
  • Santan 1 liter
  • Gula pasir 250 gram
  • Daun pandan secukupnya
  • Daun pinang(ope) seperlunya
  • Vanilla secukupnya

Cara Membuat Kue Pudak Khas Gresik :

  1. Pertama kita siapkan daun pinang untuk membungkus kue pudak khas gresik ini dengan ukuran 20 cm x 15 cm, selanjutnya kita lipat serta jahit agar pada tiap sisinya menyatu, sisihkan.
  2. Mari kita mulai memasak adonan, rebus air santan, masukan tepung beras, gula pasir, vanilla serta daun pandan dalam satu panci, aduk – aduk sampai rata dan sampai mendidih.
  3. Jika sudah matang, maka masukan adonan pada daun pinang, tuang secukupnya.
  4. Jika semua sudah di bungkus, maka kita siap untuk merebus lagi kue pudak tersebut.
  5. Rebuslah kue pudak hingga matang, jika sudah maka ikat kue pudak dengan tali rafia, tiriskan kue pudak sampai dingin.
  6. Kue pudak siap untuk di nikmati.
  7. Selamat mencoba.
Article Categories:
Kuliner

Hanya seorang penyendiri dengan dunianya sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *