Jul 16, 2019
255 Views
2 0

Pulo Merah, Ombaknya yang Tinggi Cocok untuk Penggemar Olahraga Selancar

Written by

Pulau Merah atau Pulo Merah adalah sebuah pantai dan objek wisata di kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini dikenal karena sebuah bukit hijau kecil dengan tanah bewarna merah yang terletak didekat bibir pantai, bibir yang panjang, sekitar 3Km. Bukit pulau merah, bukit kecil yang memiliki tinggi kurang lebih 200 meter. Bukit ini dapat dikunjungi dengan cara berjalan kaki saat air surut. Kawasan ini dikelola oleh Perum Perhutani Unit II Jawa Timur, KPH Banyuwangi Selatan. Untuk mencapai pantai pulau merah anda harus menempuh jarak 60km dari pusat kabupaten Banyuwangi. Dari pusat kota anda harus berkendara ke arah Srono kemudian meuju Kesilir dan di teruskan hingga kepulau merah. Ika anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, anda juga dapat menggunakan kendaraan umum dari terminal Banyuwangi.

Wisata Pulau Merah di Jawa Timur
Salah Satu Fasilitas Bersantai di Pulau Merah Banyuwangi

Untuk memasuki Pantai Pulau Merah anda tidak perlu mengeluarkan kocek yang besar. Cukup dengan Rp. 8000,- per orang anda dapat menikmati keindahan pantai ini. untuk parkir kendaraan anda harus mengeluarkan biaya yang berbeda dengan tiket masuk, untuk parkir mobil membayar Rp. 5000,- dan parkir motor membayar Rp. 2000,-. Untuk anda yang berasal jauh dari pantai , dapat menggunakan fasilitas homestay untuk beristirahat di malam hari. Rata-rata homestay di pantai memiliki tarif sebesar Rp. 100.000,- per malamnya. Ketika anda butuh asupan makanan,anda tidak perlu khawatir akan kelaparan karena di pantai ini anda dapat menemukan beberapa kuliner khas Banyuwangi, mulai dari rujak soto, rujak bakso, rawon, dan berbagai kuliner khas lainnya.

Wisata Pulau Merah di Jawa Timur
Surfing on the Red Island

Ombak dikawasan pantai merah cukup menantang dan menjadi tempat ideal untuk penggemar olahraga selancar. Bagi anda yang tidak memiliki papan selancar sendiri jangan khawatir karena banyak masyarakat sekitar yang membuka jasa penyewaan selancar dengan harga sekitar Rp. 50. Ombak pantai cukup tinggi berkisar 3-5 meter. Ombak pulau merah yang terbilang cukup tinggi tidak terlalu sesuai untiuk digunakan untuk berenang, terutama bagi anak kecil. Dalam perjalan dari pantai ke bukit anda dapat menemukan berbagai biota laut yang tertinggal di air laut yang surut. Sangat disarankan untuk memakai alas kaki untuk menghindari atau menginjak kerang kerang kecil dengan cangkang yang tajam, yang dapat melukai kaki anda.

Wisata Pulau Merah di Jawa Timur
Menikmati Keindahan Senja di Pulau Merah

Pantai pulau merah ini terhampar 3km, tentu saja anda tidak akan bosan mengelilingi pantai ini karena tidak cukup waktu sebentar untuk melakukannya. Selain itu jika anda ingin bersantai menikmati pemandangan hamparan laut luas anda dapat menyewa kursi pantai dengan harga rp. 25.000,- untuk waktu sewa selama 60 menit. Dari atas bukit anda dapat melihat hamparan laut biru secara lebih jelas dan anda juga dapat menyaksikan indahnya cahaya langit senja. Jadi, tunggu apalagi..,Relaksasikan badan anda ke pulau ini dengan memanfaatkan semua fasilitas yang ada.

Article Categories:
Pantai

Hanya seorang penyendiri dengan dunianya sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *