Jul 4, 2019
446 Views
5 0

Ranu Bedali, Pemandangan Danau yang Hijau dan Tenang

Written by

Ranu Bedali adalah sebuah danau di kecamatan Ranuyoso, Lumajang, Jawa Timur. Ranu ini merupakan salah satu tempat wisata alami yang ada di Kabupaten Lumajang, letaknya sekitar kurang lebih 15 km di sebelah utara kota Lumajang. Ranu Bedali merupakan rangkaian dari tiga danau yaitu Ranu Bedali, Ranu Klakah dan Ranu Pakis. Sebagai rangkaian kawasan Segitiga Ranu, dengan jarak 7 Km dari Ranu Pakis atau 6 Km dari Ranu Klakah. Objek wisata Ranu bedali ini mempunyai ketinggian 700 M dari permukaan laut dengan luas danau 25 Ha dan kedalaman 28 m.

Ranu bedali memiliki daya ketertarikan tersendiri untuk menarik perhatian para penikmat wisata alam, pemandangan sekitar ranu yang fresh, hijau, dan air yang tenang akan membuat anda betah ketika berkunjung ke wisata ini. tak jarang ditemukan pula diranu ini para nelayan mencari ikan dengan menggunakan sebuah transportasi perahu rakit kecil yang dibuat dari potongan-potongan bambu. jadi jikalau anda berkunjung ke wisata ini, anda juga bisa berkeliling sekitar ranu dengan menggunakan perahu rakit tadi.

Ranu Bedali, Cuci Mata Anda dengan Pemandangan Danau yang Hijau dan Tenang
nelayan dengan transportasi rakit bambu

Di sekitar perjalanan anda akan menemukan banyak sekali spot-spot selfi yang cantik dan unik, seperti tulisan-tulisan di sebuah kayu berupa petunjuk jalan maupun kata-kata cinta jaman sekarang yang dihias secantik mungkin. ada pula rangkaian bunga-bunga indah berbentuk hati yang cocok sekali bila sepasang kekasih berfoto dan diabadikan di spot tersebut, apalagi background yang disediakan langsung pemandangan alam dari ranu bedali ini.

Ranu Bedali, Cuci Mata Anda dengan Pemandangan Danau yang Hijau dan Tenang
spot selfi hati sepasang kekasih

Di ranu bedali juga terdapat fasilitas pemandian seperti sebuah kolam, namun bedanya kolam ini ada hulu dan hilirnya, pengunjung bisa langsung berenang sambil menikmati indahnya pemandangan pepohonan yang rindang nan hijau. satu lagi.. airnya yang segar dan dingin membuat anda semakin ketagihan berenang dan tidak mau naik..wkwkw

Ranu Bedali, Cuci Mata Anda dengan Pemandangan Danau yang Hijau dan Tenang
salah satu fasilitas pemandian di ranu bedali

Tak hanya danau saja, ranu bedali juga menyimpan sebuah emphasis mata, untuk para wisatawan yang berkunjung kesana, salah satunya sebuah air terjun yang terletak dipusat bawah tepat bersebelahan dengan ranu bedali, namanya Air terjun Indrowati.

Ranu Bedali, Cuci Mata Anda dengan Pemandangan Danau yang Hijau dan Tenang
rasakan, nikmati, lalu syukuri setiap pemberian Tuhan~Air Terjun Indrowati

Air terjun ini merupakan hulu dari ranu bedali yang terus mengalir ke sebuah sungai-sungai kecil di daerah ranu tersebut. dan itu tadi ranu ini rangkaian dari ranu klaka dan ranu pakis. Perjalanannya cukup menantang, tapi bagi para penikmat wisata mungkin tidak ada apa-apanya ya..dibandingkan dengan pendakian sebuah gunung. Jika anda ingin pergi ke pusat bawah ranu dan air terjun indrowati,cukup kuatkan fisik anda dan yakin dengan pepatah “Usaha tidak akan pernah menghianati hasil”. Tetapi semua keindahan memang perlu diperjuangkan dengan sungguh-sungguh. Bisa dibilang, air terjun ini cukup sulit untuk didatangi, banyak semak belukar yang harus dilewati. tapi ketika anda sudah sampai pada tujuan, Semua rasa lelah anda akan hilang dengan sendirinya.

pandang dunia, dan yakinlah semua keindahan adalah ciptaan-Nya

Perjuangan anda tidak akan sia-sia ketika anda telah sampai di pusat bawah ranu bedali. perjuangan anda juga akan terbayar akan indahnya air terjun Indrowati. Suara air terjunnya yang terdengar dari kejauhan akan membuat anda semakin tak sabar ingin cepat sampai pada air terjun tersebut.

Untuk masalah pembayaran atau tiket menuju ranu ini cukup membayar 5000 rupiah saja. uang Rp.5000 tersebut untuk pembayaran parkir. tempat pembayarannya disebuah pos kecil pintu utama dari wisata ranu bedali. sedangkan jam buka/tutup wisata ini nonstop 24 jam. Cukup mudah dan murah bukan…hasilnya tidak mungkin mengecewakan, dan cukuplah untuk meresfresh otak anda sebagai semangat untuk memulai aktivitas kembali.

Article Categories:
Alam Terbuka

Hanya seorang penyendiri dengan dunianya sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *