Jul 5, 2019
388 Views
4 0

Selokambang – Pemandian Alam di Lumajang

Written by

Kota Pisang atau kota Lumajang adalah sebuah kota yang terletak di antara Kota Malang dan Kota Probolinggo. Di kota ini banyak sekali objek wisata menarik yang patut kamu kunjungi bersama keluarga atau sahabat ketika berada di Kota Lumajang salah satunya yaitu Pemandian Alam Selokambang.

Selokambang adalah pemandian alam yang terletak di Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersoko, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan suasana yang menghibur kejenuhan akan aktivitas kita sehari hari. Selain berwisata untuk menikmati pemandangan alam yang masih sejuk dan asri, banyak masyarakat yang percaya bahwa mandi di pemandian ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti rematik, gatal-gatal dan lain-lain, karena sumbernya dari mata air asli. Jadi disamping sebagai wisata pemandian bisa juga disebut sebagai wisata terapi.

Selokambang - Pemandian Alam di Lumajang
Suasana Pemandian Selokambang-Pemandian Alam Lumajang
Selokambang - Pemandian Alam di Lumajang
Keseruan berenang bersama sahabat

Selokambang sendiri artinya adalah batu terapung. Banyak cerita soal asal muasal pemandian Selokambang. Di antaranya menurut legenda, pada masa kerajaan Majapahit ada seseorang yang menyelamatkan diri dari peperangan dan menyembuyikan sesuatu di balik batu besar di tepi danau. Dengan bantuan petapa sakti, batu tersebut digeser dan masuk ke danau. Anehnya, batu itu tidak tenggelam melainkan terapung sehingga dinamai batu apung (selokambang). Pemandian Selokambang berjarak sekitar 7 km ke arah barat kota Lumajang bisa ditempuh sekitar 15 menit perjalanan. Air pemandian ini adalah air sumber yang muncul di bawah tiga pohon beringin yang ada di sisi barat. Air sumber ini mengalir sampai ke ujung kota Lumajang, sehingga kebanyakan aliran-aliran sungai kecil mulai dari Selokambang hingga ke kota yang terlihat hanyalah air yang jernih karena memang berasal dari sumber ini.

Perjalanan wisata untuk menuju Pemandian Selokambang sangatlah mudah karena jalannya sudah beraspal, kamu bisa menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Setiap pengunjung dipungut karcis masuk sebesar Rp. 6000 rupiah. Ditempat tersebut juga dilengkapi fasilitas yang menarik yaitu pemandian, dibagian sisi atas ada lapangan tenis, di samping pintu masuk ada kolam khusus anak-anak. Di sebelah selatan, ada perahu dayung. Dan yang paling keren dari tempat ini kamu bisa melihat berbagai jenis ikan seperti ikan mujair, nila, tawes, wader, sepat, tombro dan gurami. Di pemandian ini juga tersedia papan seluncur. Bagi mereka yang tidak bisa berenang, di sana ada penyewaan ban. Tapi sebelum menceburkan diri ke kolam, sebaiknya membasahi badan dengan air dan melakukan pemanasan. Jika langsung menceburkan diri, maka badan akan terasa dingin dan takkan mampu menikmati renang karena akan merasa cepat kedinginan.

Tapi tidak perlu khawatir kalau merasa kedinginan, disebelah kalam ada beberapa warung yang menyediakan makanan hangat. Ada gorengan seperti ote-ote dan tahu petis atau kopi dan susu panas yang langsung bisa dinikmati di pinggir kolam. Pemandian ini sangat cocok untuk mengisi liburan kamu, apalagi saat liburan panjang seperti libur sekolah, libur nasional, libur lebaran dan lain-lain. Jika kamu ingin berlibur kesini jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan setiap moment liburan kamu bersama keluarga atau sahabat di Pemandian Selokambang ini.

Selokambang - Pemandian Alam di Lumajang
Salah satu warung di dekat Pemandian Alam Selokambang

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Selokambang – Pemandian Alam di Lumajang yang dapat saya informasikan. Semoga bisa menginspirasi kalian untuk mencoba berwisata ke Pemandian Selokambang yang pesona keindahannya tidak ada duanya di Jawa Timur.

Article Tags:
Article Categories:
Alam Terbuka · Sejarah

Hanya seorang penyendiri dengan dunianya sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *