Aug 2, 2019
77 Views
0 0

TIRTO AGENG, Pemandian Alam Probolinggo

Written by

Kabupaten Probolinggo menyuguhkan berbagai macam pemandangan alam yang begitu mempesona serta menyejukkan mata, salah satunya adalah Pemandian Tirto Ageng yang terdapat di kabupaten Probolinggo. Berjarak 20 km dari pusat kota tepatnya di desa Lumbang Kabupaten Probolinggo. Nama Tirto Ageng berasal dari bahasa Jawa yang terdiri dari kata Tirto yang artinya Sungai dan Ageng yang artinya Besar. Tirto Ageng artinya sungai yang besar. Namun berbeda dengan namanya. Nyatanya sungai ini tidak begitu besar. Sungai ini tergolong sungai yang cukup kecil. Air yang mengalir berasal dari sumber mata air yang masih jernih dan belum dikotori oleh tangan manusia. Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung bisa melalui berbagai sisi salah satunya dari arah Pasuruan menuju Bromo melalui desa Tongas.

Bagi para pecinta alam Tirto Ageng juga menyediakan tempat untuk berkemah serta out bound. Pemandian Tirto Ageng ini banyak membantu dalam hal perekonomian masyarakat desa tersebut. Bagi para pemuda karang taruna adanya obyek wisata Pemandian Tirto Ageng ini banyak membantu dalam hal pekerjaan mereka. Karena kebanyakan pengelolaan di ambil dari para pemuda di desa lumbang tersebut. Bukan hanya sarana pertemuan ataupun kolam pemandian saja yang disuguhkan di Tirto Ageng tersebut. Melainkan banyak sarana edukasi yang di dapat dari obyek wisata itu salah satunya adalah pembudidayaan pohon jenis kesambi. Dimana budidaya tersebut dilakukan oleh perhutani bekerjasama dengan masyarakat sekitar dalam bentuk melestarikan lingkungan.

tirto ageng
Sungai Kali Gedhe di Pemandian Alam Tirto Ageng

Pemandian Tirto Ageng ini di budi daya gunakan oleh masyarakat bekerja sama dengan pihak perhutani sebagai salah satu obyek wisata alam Kabupaten Probolinggo, walaupun tergolong baru obyek Pemandian Tirto Ageng ini banyak menyuguhkan keindahan alam serta dapat menyejukkan mata. Salah satuya adalah sarana pertemuan yang didesain sedemikian rupa berbaur dengan alam. Untuk membuat nyaman pengunjung warga desa menyulap tempat yang sebelumnya terkesan angker kini lebih cantik. Pengunjung juga memanfaatkan tempat foto yang diberi nama Pesanggrahan Kali Gedhe untuk memadu kasih. Walau di tempat terbuka pengunjung yang didominasi muda-mudi, tak segan pamer kemesraan dengan pasangan masing-masing. Bisa juga digunakan untuk pasangan yang baru mau menikah untuk sarana foto pra wedding, karena setting serta tata letak yang masih alami serta bentuk dari hutan yang mirip dengan hutan yang terdapat di film twilight.

Untuk bisa masuk ke dalam wisata alam ini, kamu hanya perlu membayar uang sebesar Rp.3000,00. Apabila kamu membawa kendaraan, kamu akan dipungut biaya parkir sebesar Rp.1.000,00. Biaya yang sangat murah dengan keindahan pesona yang akan kamu dapatkan setelah kamu mendatangi Pemandian Tirto Ageng ini. Jika kamu tertarik untuk mengunjungi keindahan Pemandian Tirto Ageng, jangan lupa ajak keluarga, saudara, teman atapun kekasih kamu untuk berwisata di Pemandian Tirto Ageng yang menakjubkan ini.

Article Categories:
Alam Terbuka

Hanya seorang penyendiri dengan dunianya sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *