Sep 3, 2018
2438 Views
8 1

Wisata Edukasi Kebun Pak Budi, Bermain Sambil Belajar Hidroponik

Written by

Pesonajatim.com – Hampir di semua wilayah Jawa Timur memiliki tujuan wisata yang khas. Terutama kota Batu dan Malang yang memang dikenal dengan surganya wisata. Khusus untuk Pasuruan, sekarang ada destinasi wisata baru yang bisa direkomendasikan untuk teman-teman dan keluarga. Bagi kamu yang bosan dengan wisata pantai, gunung kamu bisa coba Wisata Edukasi yang baru di Pasuruan, yaitu Kebun Pak Budi. Kebun pak Budi Menawarkan Eduvacation. Terletak di Desa Canggih, Desa Sekarmojo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

Sejak dibuka, Pengaruh media sosial tampaknya memiliki dampak yang sangat positif terhadap tempat wisata baru yang terletak di lereng Gunung Arjuno ini. Kebun Pak Budi langsung booming pada akhir 2017. Karena tempat wisata yang satu ini selain menawarkan wisata edukasi, juga banyak menyajikan spot selfie yang instagenik, tentunya berbeda dengan tempat wisata yang kamu kunjungi, karena yang ditawarkan disini adalah edutainment.

wisata edukasi, kebun pak budi, pasuruan, wisata alam, wisata kebun, edutainment, eduavaction, wisata keluarga

kolam pancing pak budi, salah satu edukasi yang ditawarkan di kebun pak budi (src: kebunpakbudi.com)

Wisata yang terletak di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut ini diberi nama sesuai nama pemiliknya, Budi Sugiharto, yang benar-benar ingin menjadikan perkebunannya sebagai wisata pendidikan. Awalnya hanya perkebunan biasa yang kemudian dibuka setelah menerima sambutan hangat dari masyarakat setempat.

Konsep yang disajikan oleh objek wisata ini adalah untuk kegiatan pendidikan anak-anak. Salah satu edukasi di Kebun Pak Budi adalah Hidroponik, Hidroponik sendiri adalah budidaya tanaman dengan memanfaatkan air tanpa tanah dengan menekankan pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Tujuan dari konsep kembali ke alam dari Kebun Pak Budi adalah untuk memberikan pembelajaran langsung kepada generasi muda dari proses makanan yang terbentuk, agar dapat lebih menghargai makanan yang dikonsumsi.

wisata edukasi, kebun pak budi, pasuruan, wisata alam, wisata kebun, edutainment, eduavaction, wisata keluarga

Galmaping area di kebun pak budi. (src: kebunpakbudi.com)

Selain itu, di Kebun Pak Budi juga ada edukasi Kopi, disini kamu juga ditunjukkan proses pembuatan kopi Luwak. Ada juga edukasi ternak, pertanian, perikanan dan perkebunan, seperti kolam pemancingan, budidaya ikan, bagaimana cara merawat ikan agar cepat berkembang dan besar. Peternakan kambing dan sapi, jadi anak-anak bisa juga bermain dengan hewan yang biasanya dijadikan kurban padah Hari Raya Idul Adha ini. Ada juga Sawah e Pak Budi, yang ditanami sesuai musim pada umumnya.

wisata edukasi, kebun pak budi, pasuruan, wisata alam, wisata kebun, edutainment, eduavacation, wisata keluarga

taman kelinci yang bisa dijadikan tempat bermain untuk anak-anak. (src: kebunpakbudi.com)

Jika kamu sudah lapar, tenang saja, di Kebun Pak Budi juga sudah ada minimarket dan kafe dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Kamu juga bisa menginap disini dengan udara pedesaan yang masih sejuk, bebas asap polusi dijamin kamu bakal betah berlama-lama disini. Jika sudah masuk waktunya sholat, disini juga disediakan musholla. Selain itu, jika kamu datang bareng rombongan, ada fasilitas pendukung seperti outbound, lapangan futsal mini, ada mini amphitheatre yang bisa digunakan untuk workshop.

wisata edukasi, kebun pak budi, pasuruan, wisata alam, wisata kebun, edutainment, eduavacation, wisata keluarga

area villa yang bisa disewa jika ingin menginap (src: kebunpakbudi.com)

Pada Launching, sengaja tidak ada biaya tiket masuk untuk wisatawan di minggu pertama, yaitu pada 19 November 2017. ini di maksudkan sebagai media promosi kepada masyarakat dan mengenalkan wisata kebun pak budi sebagai wisata edukasi yang layak untuk dikunjungi. Ada 2.200 wisatawan pada hari pertama pembukaan menyerbu taman seluas 1,8 hektar itu. Padahal, lokasi parkir kendaraan masih dalam tahap pembangunan 85 persen.

wisata edukasi, kebun pak budi, pasuruan, wisata alam, wisata kebun, edutainment, eduavacation, wisata keluarga

salah satu spot yang biasa digunkan untuk selfie (src: kebunpakbudi.com)

Tapi, Harga tiket masuk per 1 Januari 2018 adalah Rp.20.000/orang. Saat ini, tiket masuknya menjadi Rp.35.000/orang untuk Senin hingga Jumat. Sementara harga tiket masuk Kebun Pak Budi pada akhir pekan dan hari libur adalah Rp.50.000/orang. Harga yang pantas bila dibandingkan dengan edutainment yang disuguhkan oleh Kebun Pak Budi ini.

wisata edukasi, kebun pak budi, pasuruan, wisata alam, wisata kebun, edutainment, eduavacation, wisata keluarga

musholla, salah satu fasilitas yang disediakan di kebun pak budi. (src: kebunpakbudi.com)

Lokasi Kebun Pak Budi dari kota Pasuruan, silakan menuju Monumen Purwosari lalu belok kanan atau barat laut. Jika dari Malang, Di pertigaan Purwosari, belok kiri. Cukup ikuti jalan Indrokilo sampai Anda melihat pertigaan dekat Masjid. Kemudian belok kiri, jalan lurus sampai Anda mencapai dusun canggih. Lokasi wisata Kebun Pak Budi berada di sisi kanan jalan.

Article Categories:
Alam Terbuka · Main Yuk
http://pesonajatim.com

Website yang berisi info seputar pariwisata yang populer dan lagi hits di jawa timur

Tinggalkan Komentar

Loading Disqus Comments ...
Loading Facebook Comments ...